Pemkab Tanbu Gelar Pelatihan Untuk Pengurus Koperasi dan UMKM

CB, Tanah Bumbu – Pemkab Tanah Bumbu melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo membuka Pelatihan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa 07/09/2021.

Adapun kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain diikuti peserta dari pengurus Koperasi, kegiatan tersebut juga turut diikuti kepada pelaku UMKM dengan turut diadakannya Pelatihan Pemasaran Produk UKM Melalui IT (E-Commerce) Bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

Pada momen itu Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Prov. Kalsel, Gusti Muhammad, mengatakan pelatihan tersebut digelar selama 4 hari yakni mulai 7 s.d 10 September 2021.

Adapun peserta pelatihan sebanyak 60 orang dengan rincian 30 peserta pelatihan perkoperasian, dan 30 peserta pelatihan E-Commerce.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalsel, Dr. H. Gustafa Yandi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak yang dirasakan bagi semua pihak.

Oleh karena itu menurutnya di masa pandemi Pemerintah dituntut untuk terus kreatif, inovatif, adaftif, dan kolaboratif, termasuk bagi pelaku usaha.

“Penting bagi kita untuk terus menyesuaikan diri, beradaptasi terhadap perkembangan teknologi serta kondisi yang saat ini tengah kita alami juga berkolaborasi dengan sektor lainnya,” kata Yandi.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Asisten Perekonomian Rahmat Prapto Udoyo mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dengan digelarnya kegiatan tersebut.

Dikatakan bahwa diadakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya dari Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kapasitas SDM serta memajukan UMKM Lokal yang ada di Bumi Bersujud.

Untuk dirinya ia berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan dapat memetik serta memanfaatkan ilmu yang telah diberikan.

“Dengan adanya Pelatihan Pemasaran ini, terlebih di masa Pandemi ini dapat menjadi kesempatan besar bagi UMKM serta strategi dan peluang bisnis dapat lebih berkembang,” ujar Rahmat.
Jhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *