Gelar Audensi, Ketua DPRD Banyuwangi Dorong PABPDSI Berkontribusi Terhadap Pembangunan Desa

CB, Banyuwangi – Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara menerima permohonan audensi bersama dengan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Banyuwangi, Kamis (09/09/2021) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPC PABPDSI Banyuwangi, Misnadi mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Gedung DPRD dalam rangka silahturahmi sekaligus membawa sejumlah aspirasi dari anggota BPD yang tergabung dalam organisasi baru ini.

“ Selain silaturahmi, tujuan utama kedatangan PABPDSI ke DPRD dalam rangka memberikan pemahaman yang sama terkait dengan tupoksi lembaga BPD sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat bersinergi dengan Kepala Desa , “ ucap Misnadi kepada Awak Media.

Misnadi mengakui bahwasanya kapasitasdan kemampuan anggota BPD di Banyuwangi tidak sama karena selama ini ada lembaga BPD yang kreatif dan disatu sisi ada yang pasif. Pihaknya ingin mensinergikan BPD dengan Kepala Desa agar proses pembangunan desa berjalan dengan baik.

“ Kita ingin menciptakan kondisi agar lembaga BPD dengan Kepala Desa sinergi, jangan sampai Kades dan BPD simpang siur dan berbenturan karena dampaknya kepada masyarakat desa , “ ucapnya.

Dijelaskan oleh Misnadi, ada 3 tugas pokok dan fungsi dasar lembaga BPD yaitu bersama Kepala Desa menyusun dan menetapkan Peraturan desa (Perdes), menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta fungsi pengawasan terhadap kinerja pemerintahan desa.

“ Jangka pendek kita akan memberikan penyuluhan dan sosialisasi terhadap anggota BPD agar ada pemahaman yang sama atas tupoksi dasar BPD yakni bagaimana mendampingi Kepala Desa dalam rangka melaksanakan pembangunan di desa , “ jelasnya.

PABPDSI telah melakukan langkah koordinasi dengan Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (ASKAB), PABDESI dan Forum Silaturahmi Kepala Desa untuk melakukan sosialisasi tentang hukum, Perda dan lainnya tanpa biaya.

Sementara Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran organisasi PABPDSI dengan tujuan memberikan kontribusi positif atas pencapaian kemajuan pembangunan desa sesuai dengan tupoksi BPD.

“ Kami menyambut baik kehadiran organisasi PABPDSI yang beru terbentuk dua bulan yang lalu, harapanya mereka dapat bersinergi dengan Pemerintahan desa agar berdampak positif terhadap kemajuan pembangunan desa , “ ucap Made Cahyana.

DPRD sebagai lembaga wakil rakyat juga akan mempertimbangkan berbagai aspirasi dari PABPDSI Banyuwangi seyampang bertujuan untuk pembangunan desa  pelayanan prma kepada masyarakat.(imm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *