Pemkab Bojonegoro Melalui DPKPCK Bangun Sanitasi Limbah di 140 Desa

CB, Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro terus berupaya membangun sanitasi limbah di kawasan pemukiman warga. Tahun ini, melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), membangun 140 unit sanitasi limbah.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana dan Utilitas Umum, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Hari Prasetyo mengatakan, pembangunan sanitasi limbah yang sudah tuntas per Agustus 2021 sebanyak 72 unit. Sementara yang masih proses sebanyak 68 unit. Total sanitasi yang dibangun sejumlah 140.

“Yang masih proses, pengerjaannya ada yang sudah mencapai 80 persen sampai 90 persen. Dan ini adalah sanitasi induk,” ucap Hari.

Kriteria pembangunan sanitasi limbah, diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jangkauan ke seluruh Kabupaten Bojonegoro. Dengan pembangunan sanitasi limbah di wilayah-wilayah pelosok, diharapkan dapat menjadi aksi nyata dalam peningkatan pelayanan sanitasi melalui pembangunan sanitasi limbah. Semata-mata untuk mewujudkan, masyarakat hidup higienis dan sehat. Sehingga, dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Sanitasi limbah berasal dari APBD. Untuk rencana P-APBD juga ada. Sanitasi ada sekitar 600 unit di 60 desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro.”
(hms/aj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *