Dinas Pertanian Tanbu Akan Bangun Irigasi diKecamatan Kusan Tengah

CB, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melalui Dinas Pertanian Bumbu menggelar rapat bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sukamaju, Kecamatan Kusan Tengah di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Manurung, 1/11/2021.

Adapun agenda rapat tersebut adalah membahas terkait upaya peningkatan hasil pertanian di Kecamatan Kusan Tengah.

Pada momen itu, Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu Fauraji Akbar mengatakan, berkaitan dengan hal itu pihaknya ingin bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanbu, untuk membangunkan sejumlah irigasi atau saluran air agar saat musim hujan sirkulasi air untuk pengairan sawah dapat maksimal.

“Hal ini sesuai dengan keinginan dan harapan para petani Desa Manurung, Mudalang dan Saring Sungai Bubu di Kecamatan Kusan Tengah,” ucap Kadis Pertanian.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Sejahtera Bersama Rusni berharap, pembangunan irigasi di kawasan lahan pertanian di Kusan Tengah bisa terealisasi secepatnya.

“Semoga cepat terwujud, sebab menurunnya hasil panen di Kusan Tengah karena faktor sirkulasi air pertanian yang selama ini kurang lancar,”ungkapnya.

Selain meminta dibangunkan saluran air lahan persawahan, pada kesempatan itu sejumlah kelompok tani ini juga menginginkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dinas Pertanian rutin memberikan sosialisasi.

“Dengan adanya penyuluhan, para petani di desa kami jadi bisa memahami cara yang tepat untuk bercocok tanam ketika menghadapi musim penghujan,” ucapnya.

Pada momen yang sama, Kelompok Tani Desa Suka Maju Abdul Munim mengatakan, selain tidak lancarnya sirkulasi air, penyebab kurang maksimalnya hasil pertanian di desa setempat juga lantaran pengaruh kadar keasaman air yang sangat tinggi.

“Minimnya saluran air persawahan itu, mengakibatkan sebagian petani mengalami gagal panen,” ungkap Abdul Munim.
Jhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *