Kades Laban Bersama PT. Hakiki Land Sepakat  Pemakaian Bersama Jalan Desa Di Dusun  Grogol Menganti

CB, Gresik – Kesepakatan bersama antara Kepala Desa  melalui Kepala Dusun Grogol dengan  kita (PT. Hakiki Land,red)  terkait pemakaian bersama  jalan desa yang memotong  akses jalan milik perumahan sudah deal dan tidak ada masalah, demikian disampaikan perwakilan PT. Hakiki Land Hamamnudin kepada awakmedia bertempat di rumah makan Ikan Bakar Cianjur G Walk Citraland Surabaya pada Senin (1/11/2021).

Tujuan pihak perwakilan PT. Hakiki Land dan salah satu anggota BPD Desa Laban asal Dusun Grogol kepada beberapa  awak media saat melakukan klarifikasi atas berita yang beredar di beberapa media online dan cetak.  Adalah pihaknya merasa ada informasi yang tidak sesuai fakta di lapangan, sehingga perlu diluruskan.

Perlu diketahui, perusahaan kami PT. Hakiki Land memiliki tanah atau lahan di Dusun Grogol sudah lama yakni 12 tahun lalu (2009) dan belum dikelola. Dan pihak perusahaan selama itu mengijinkan warga Dusun untuk memanfaatkannya. Selanjutnya, sebelum kami mulai mengelola lahan tersebut, kami kulo nuwun dulu dengan pihak desa  Laban dan warga Dusun Grogol, paparnya.

” Awalnya pada tahun 2021,  Kami sudah menyurati Kepala Desa  Laban untuk pengajuan permohonan pemakaian bersama jalan desa tepatnya gang Masjid di Dusun Grogol  untuk akses ke perumahan  kelak. Ternyata   Kades Hayus menyetujui permohonan kami dengan surat balasan pada tanggal 22 Maret 2021. Bahkan Pak Kades menyerahkan masalah itu kepada Kasun Grogol,”ungkap Hamamnudin.

Kemudian Pihak perusahaan  melakukan sosialisasi  dan musyawarah berkali-kali dengan Kasun, Anggota BPD dan warga Dusun Grogol terkait pemakaian bersama jalan desa yang memotong jalan perumahan, akhirnya disepakati adanya dana kompensasi untuk Dusun dan warga dengan nominal sebesar Rp. 600 juta, terangnya.

” Selain dana kompensasi, dalam kesepakatan juga disetujui beberapa poin – poin diantaranya, adanya perbaikan jalan desa jika ada yang rusak oleh pihak pengembang perumahan, penyerapan tenaga kerja lokal dari warga Dusun Grogol saat pelaksanaan proyek pengembangan dan partisipasi apabila ada hajatan atau kegiatan dusun lainnya, ” tambahnya.

Sedangkan bantuan untuk desa mungkin berupa CSR atau bantuan partisipasi  bila ada kegiatan, dan itu akan ditentukan kemudian, belum saat ini.

”  Jadi kesepakatan kita terkait jalan desa yang terletak di gang Masjid Dusun Grogol dengan pihak Desa Laban dan Dusun Grogol bukan sewa menyewa tetapi pemakaian bersama jalan tersebut,” tutupnya.

Anggota BPD asal Dusun Grogol Desa Laban Suriyono yang duduk disamping Perwakilan PT. Hakiki Land Hamamnudin membenarkan apa yang disampaikannya. Dan menambahkan bahwa pihak PT. Hakiki Land sudah melakukan musyarawah dengan  Kasun Misanto, anggota BPD  dan warga dusun untuk pemakaian bersama jalan desa yang terletak di gang Masjid Dusun Grogol tepatnya yang memotong jalan perumahan tersebut.

” Setiap pertemuan dibuatkan berita acara dan  salinannya dikirim ke Kepala Desa Laban. Jadi tidak mungkin  kita tidak melibatkan Kepala Desa dan BPD dalam hal ini. Dan memang disepakati akhirnya untuk dana kompensasi sebesar Rp. 600 juta kepada warga dusun, Grogol” jelasnya. (tof)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *