Hadiri Sosialisasi SPMB UNS, Plh Sekdaprov Heru : Sudah Menjadi Tanggungjawab Alumni Untuk Mendukung Almamaternya

CB, SURABAYA – Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono mengatakan bahwa alumni berkewajiban untuk berkontribusi kepada almamater bahkan setelah lama lulus demi mengabdi kepada masyarakat.

“Sudah menjadi tanggungjawab alumni untuk mendukung almamaternya. Jadi bapak-ibu kepala sekolah, jangan segan untuk datang ke alumni terutama yang sudah sukses. Perkara diterima atau tidak, urusan belakang. Datangi saja dulu,” ujarnya saat menghadiri sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan promosi pengenalan program studi jenjang diploma, sarjana, magister, pascasarjana dan program profesi di Universitas Sebelas Maret di Ruang Bhinaloka, Kantor Gubernur Jawa Timur, Surabaya, Rabu (17/11).

Heru menambahkan, sudah banyak sejarah yang membuktikan bahwa orang-orang dengan jabatan tertinggi biasanya tidak akan melupakan sekolah yang membesarkan mereka.

“Sejarah sudah membuktikan kalau orang-orang yang berhasil, pasti ingat sekolahnya. Terutama karena biasanya guru sudah tahu kalau seorang anak akan jadi orang besar dan mengusahakan yang terbaik untuk anak itu,” tambahnya.

Maka, sebagai alumni fakultas teknik UNS, mantan Bupati Tulungagung itu mengatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk mendukung apa yang disiapkan UNS dalam program penerimaan mahasiswanya.

“Saya dukung pengenalannya di Jawa Timur. Di UNS, akan ada program-program yang dapat mengarahkan anak didik bapak-ibu kepala sekolah. Jadi, bisa dipertimbangkan untuk memasukkan mereka ke UNS,” tuturnya.

Lebih jauh, Heru mengungkapkan bahwa sudah ada rencana studi S2 atau magister UNS yang dapat dilakukan di Surabaya.

“Insya Allah lulusnya jelas dan punya kualifikasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Perkara biaya, masih bisa dicicil. Selebihnya, program ini bisa dibicarakan dan didiskusikan detailnya seperti apa,” jelasnya.

Sebagai informasi, alumni UNS tersebar di beberapa regional di Jawa Timur termasuk Madiun, Malang, Kediri, Madura dan Jember. Tercatat UNS sudah meluluskan lebih dari 200.000 alumni di mana 50.000 di antaranya bekerja di Jawa Timur dan puluhan orang telah menempati jabatan tertinggi di institusi dan perusahaan.

Acara sosialisasi SPMB UNS tersebut dihadiri oleh 50 kepala sekolah SMA/SMK se-Jawa Timur. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Ikatan Alumni UNS Jatim Jumadi, Kepala UPT SPMB UNS Hadi Wiyono, Koordinator Bidang Program Sarjana Widiyanto, Koordinator Bidang Penjaminan Mutu dan Pengembangan Naskah Soal Ujian Moh Abdul Hakim, serta Sekjen IKA UNS Bambang Dwi Wahyudi.(yit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *