“Potret Kepemimpinan Eri Cahyadi – Armuji Di Surabaya Sepanjang 2021”

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat. Terbaru, pemkot meluncurkan program Kalimasada (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Adminduk) dalam apel bersama yang berlangsung di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (18/11/2021).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi hadir sekaligus pemimpin apel tersebut. Hadir pula, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup pemkot, camat hingga Ketua RT perwakilan dari 31 kecamatan se-Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, dengan diluncurkannya program Kalimasada, maka beberapa layanan Adminduk kini dapat diurus warga melalui Ketua RT setempat. Dengan demikian, warga tak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.

“Saya berharap di tingkat level yang paling dekat dengan masyarakat, yakni RT, itu semuanya data (Adminduk) nanti bisa diselesaikan tanpa harus bertemu dengan Dispendukcapil,” kata Wali Kota Eri di halaman Balai Kota Surabaya.

Ia menyampaikan, bahwa esensi dari program Kalimasada tersebut, pihaknya ingin membangun pelayanan publik tak hanya dengan kekuatan pemerintah. Tapi melalui gotong-royong dan kebersamaan masyarakat di masing-masing kampung.

“Kalau RT ini sudah menjadi pemimpin sejati, ketika ada yang mengurus apakah itu akta kematian, akta kelahiran, apapun yang susah, maka semua akan ada di RT. Cukup di RT saja berhenti, setelah itu pelayanan publik selesai kita sampaikan kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, Wali Kota Eri menginginkan ada kebersamaan, kekompakan serta keguyuban antar warga dalam satu rukun warga (RT). Bagi dia, pemerintahan yang hebat itu ketika masyarakatnya menjadi bagian dari pembangunan dan pelayanan.

“Saya selalu sampaikan bahwa pemerintahan yang hebat itu ketika masyarakatnya menjadi bagian dari pembangunan, menjadi bagian dari pelayanan,” kata dia.

Wali Kota Eri meyakini, apabila program Kalimasada berjalan dengan baik dan data kependudukan valid, maka ketika pemkot melakukan intervensi akan lebih tepat sasaran. Baik itu intervensi terkait masalah kemiskinan, maupun anak putus sekolah. “Karena itu semua dasarnya dari Adminduk-nya juga harus kuat, dan itu dimulai dari masyarakatnya sendiri. Ini yang saya ingin wujudkan di Kota Surabaya,” jelas dia.

Bahkan, untuk memasifkan program tersebut, Wali Kota Eri menyebut, di setiap kelurahan nantinya terdapat Cak dan Ning Adminduk. Mereka nanti yang bertugas terjun ke masyarakat untuk memberikan solusi dan penyelesaian kepada warga terkait masalah Adminduk.

“Nanti ada Cak dan Ning Adminduk yang bergerak di masing-masing kelurahan. Mereka akan terus bergerak ke bawah. Kalau ada (warga) yang tanya, mereka yang bisa memberikan solusi dan penyelesaian sebuah masalah,” pungkasnya.

Sementara itu Wawali Kota Surabaya Armuji melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), terus berupaya untuk mendorong aktivitas olahraga, terutama olahraga air. Terbaru, untuk mengembangkan kawasan wisata terintegrasi, DKPP mengajak Sea-Doo (Wisata Laut) Safari Surabaya.

DKPP dan Sea-Doo kemudian menggelar percobaan Jet Ski di Kompleks Sentra Ikan Romokalisari (SIR) Jalan Tambak Osowilangun, Benowo, Surabaya, Rabu (17/11/2021). Kegiatan tersebut dilakukan oleh DKPP untuk menciptakan daya tarik Pasar Apung (Floating Market) Romokalisari.

Percobaan Jet Ski dilakukan dalam rangka uji coba fasilitas pendukung olahraga air dengan nuansa wisata bahari (marine tourism) yang ada di Kota Surabaya

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji mengatakan, meski belum genap berumur satu tahun, pusat ikan Romokalisari tersebut telah mampu memancing daya para wisatawan. Menurutnya, hadirnya olahraga air seperti Jet Ski, kawasan wisata bahari itu mampu menambah jumlah pengunjung.

“Hadirnya jetski ini menjadi warna baru terhadap wisata Romokalisari , tidak hanya perahu saja jadi ada wahana yang menantang dan memacu adrenalin,” kata Armuji.

Usai meninjau SIR, ia langsung mencoba bermain Jet Ski. Pria yang akrab disapa Cak Ji ini mengungkapkan, bahwa dirinya sempat mengendarai Jet Ski dengan kecepatan tinggi di sekitar perairan Romokalisari dan teluk Lamong.

“Sebelum di launching secara resmi, tolong disiapkan dengan matang berbagai aspeknya sehingga masyarakat nyaman dan aman. Seperti rute, keamanan, hingga aksesnya,” ungkap Cak Ji.

Cak Ji menyampaikan, bahwa tempat wisata yang ada di Kota Surabaya, secepatnya akan dilakukan perencanaan untuk pengembangan kawasan wisata terintegrasi.

“Eri-Armuji saat ini fokus untuk pemulihan ekonomi di berbagai aspek kehidupan, ayo kita bergerak bersama,” pungkasnya.

Penulis: Budi Mulyono
No HP: 082232194836

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *