Rapat DPRD, Wali Kota Mojokerto Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Tahun 2022

CB, Mojokerto – Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan Nota Keuangan Raperda APBD Tahun Anggaran 2022 dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Mojokerto yang digelar pada Senin (22/11/21) di Ruang Rapat DPRD Kota Mojokerto.

Wali kota Ning Ita menyampaikan bahwa Nota Keuangan RAPBD ini merupakan penjabaran dari Nota Kesepakatan Antara Pemerintah Kota Mojokerto dengan DPRD Kota Mojokerto tentang Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun 2022.

Lebih lanjut Ning Ita menyampaikan, bahwa pengalokasian belanja penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah sesuai pasal 12 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah perangkaan alokasi anggarannya adalah sebagai berikut :
1. Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar. meliputi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan dan kawasan permukiman, ketentraman dan ketertiban umum serta serlindungan masyarakat, dan sosial;

2. Urusan Pemerintahan Wajib yang tidak berkaitan dengan Pelayanan Dasar Urusan Pemerintahan. meliputi bidang tenaga kerja, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, bidang pangan, bidang pertanahan, bidang lingkungan hidup, bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, bidang perhubungan, bidang komunikasi dan informatika, bidang koperasi, usaha kecil dan menengah, bidang penanaman modal, bidang kepemudaan dan olahraga, bidang statistik, bidang persandian, bidang kebudayaan, bidang perpustakaan, bidang kearsipan;

3. Urusan Pemerintahan Pilihan yang meliputi bidang kelautan dan perikanan, bidang pariwisata, bidang pertanian, bidang perdagangan dan bidang perindustrian.

4. Unsur Pendukung Urusan Pemerintahan.

5. Unsur Penunjang Urusan Pemerintahan.

6. Unsur Pengawasan Urusan Pemerintah.

7. Unsur Kewilayahan

8. Unsur Pemerintahan Umum. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *