Pemerintah Desa Bendosari Ajak Warga Manfaatkan Bank Sampah

CB Blitar – Persoalan pengelolaan sampah menjadi masalah penting dan perlu upaya bersama dari berbagai pihak untuk mengubah kebiasaan membuang menjadi mengelola sampah secara mandiri. Karena itu Pemerintah Desa Bendosari berusaha menggelar pelatihan Bank Sampah di balai Desa Bendosari. Pelatihan diharapkan Warga Bendosari dapat memiliki Bank Sampah yang dikelola masyarakat, sehingga pengelolahan Bank Sampah dapat memberi manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

Kepala Desa Bendosari, Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, Tiyok Sunaryanto mengatakan yang melatar belakangi kegiatan ini karena sampah merupakan salah satu sumber masalah yang ada di masyarakat, maka dari itu Pemdes Bendosari melalui Pokja 3 PKK, berinovasi untuk menyelenggarakan kegiatan ini supaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah sampah yg ada di Desa Bendosari.

“Sampah dari masyarakat dikumpulkan di kelompok Bank Sampah “MANDIRI” yang selanjutnya dipilah, sebagian di daur ulang untuk kerajinan dan sebagian dijual lagi. Sampah dikumpulkan dari masyarakat dengan sistem tabungan. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh pemerintah desa,” jelas Kades Bendosari kepada awak media, Kamis, (10/03/2022).

Kepala Desa Bendosari menambahkan untuk menunjang program tersebut, pihaknya telah menggelar sosialisasi pengelolaan Bank Sampah yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar pada Selasa,(15/02/2022). Pada pelatihan tersebut dihadiri dua nara sumber, yakni Siswanto dan Mardiningsih dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar.

Kegiatan ini dilakukan selain untuk membantu program Pemerintah Desa, juga menambah ilmu bagi masyarakat, dengan salah satu target agar Desa Bendosari dapat mengelola dan memanfaatkan sampah melalui Bank Sampah.

“Dalam keterlibatan yang sangat antusias tersebut diharapkan Desa Bendosari dapat memiliki bank Sampah sekaligus dapat mengambil manfaat ekonomi dari pelaksanaanya agar terwujud Bank Sampah yang mandiri untuk membangun ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang bersih dan hijau, sehingga tercipta masyarakat yang sehat,” pungkasnya.(Pram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *