Atasi Banjir, Pemerintah Desa Tunjungrejo Bangun Drainase

CB, Lumajang – Guna mengantisipasi banjir yang sering terjadi jika curah hujan tinggi, masyarakat Tunjungrejo Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang membangun Drainase yang dananya bersumber dari Dana Desa (Dandes) tahun anggaran 2022.

Kepala Desa Tunjungrejo Sudardo mengatakan, pembangunan Drainase sepanjang 130 meter itu dianggarkan Rp.120.000.000 dengan dibangunya drainase atau saluran air ini, air hujan bisa mengalir kesaluran air sehingga luapan air pun tidak lagi membanjiri tanaman padi yang ada disekitarnya,senin 25/4.

Program ini merupakan usulan dan musyawarah seluruh masyarakat Desa Tunjungrejo walaupun tidak semua dibangun tetapi kedepan masih ada harapan untuk bisa menembus sampai batas yang diinginkan oleh warga soalnya program ini masih bertahap jika anggaran itu ada tidak menutup kemungkinan kedepanya bisa dilaksanakan sampai batas puncak,” terangnya.

“Kami sudah melaksakan pembangunan ini, dan sebagai pemerintah Desa kami sangat bersyukur karena masyarakat sangat antusias dan memberikan respon

yang baik atas adanya pembangunan drainase ini, selain pekerjaanya sesuai aturan, volume pekerja ini juga melebihi ukuran yang sudah direncanakan,” jelasnya.

Terpisah, Tokoh masyarakat yang kebetulan sedang ada disawah sedang mencari rumput ketika ditanya ia mengatakan, saat ini masyarakat Tunjungrejo Kecamatan Yosowilangun mulai merasakan manfaat dana desa. Karena, dana desa merupakan program nawacita presiden Jokowi, ini manfaatnya sangat besar untuk membangun infranstruktur desa, khususnya di desa Tunjungrejo yang saat ini telah membangun drainase dengan dana desa tersebut,”jelasnya singkat.

Lanjut Kepala Desa Sudarto, ia menghimbau kepada masyarakat agar bisa menjaga kebersihan serta merawat dengan sebaik baiknya jika musim panen jangan sampai sembarangan membuang sampah  agar saluran air tidak mudah buntu, kami berterima kasih, masyarakat di desa ini benar benar terbantu dengan adanya pembangunan di desa ini,”inbuhnya. Laporan reporter Cahaya Baru.id (Hardy/Gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *