May Day Tahun Ini, Buruh Diharap Tidak Turun Jalan, Kadisnakertrans Tulungagung: Tahun Ini Akan Kita Adakan Turnamen Voli Antar Perusahaan

CB, TULUNGAGUNG-Beredar kabar, Partai Buruh mulai mempersiapkan perayaan May Day 2022, dengan mencari lokasi sebagai tempat perhelatan. Bahkan, sejauh ini, partai besutan Said Iqbal ini telah melirik Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, untuk menjadi tempat perhelatan May Day Celebration pada 14 Mei 2022.

Dan , rencananya, perhelatan May Day Celebration ini bakal diikuti empat konfederasi, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Dengan adanya kabar tersebut, Disnakertrans Kabupaten Tulungagung sangat berharap pada buruh, khususnya buruh di Tulungagung dalam menyampaikan aspirasinya nanti tidak harus ikut dalam aksi turun jalan.

“May day tahun ini, kita berharap buruh tidak turun jalan dalam menyampaikan aspirasi,” kata Kadisnakertrans Tulungagung Agus Santoso kepada Cahaya Baru di ruang kerjanya, Kamis (28/04).

Untuk itu, lanjut Agus Santoso, pihaknya bakal membuat kegiatan sinergitas, yakni antara perusahaan dan pekerja.

“Jadi kita akan membuat kegiatan yang sinergitas antara perusahaan dan pekerja, sehingga ada kerjasama dan komunikasi antara karyawan dan perusahaan,” jelasnya.

Dalam hal ini, imbunya, bakal diprioritaskan dalam komitmen bersama, bahwa buruh harus membela nama perusahaan dan sebaliknya perusahaan juga harus mampu mewadahi buruh dalam kegiatan.

“Untuk May Day tahun ini akan kita adakan perlombaan atau turnamen voli antar perusahaan se-Kabupaten Tulungagung. Fengan demikian, buruh tidak usah turun ke jalan, kalau wadah/tempat sarana untuk menyiapkan aspirasi, dan nanti pada waktu pembukaan turnamen voli.kita datangkan Porkopimda dan perwakilan masing-masing buruh untuk menyalurkan aspirasinya,” paparnya.

Masih kata Agus Santoso, dengan cara seperti itu, tentu pula akan lebih elegan, serta tidak mengganggu siapa pun dan bisa menghidupkan kebersamaan di perusahaan masing-masing.

“Otomatis nanti buruh yang main-main (turnamen, red) itu kan juga pekerja dan pekerja itu otomatis akan membela perusahaan. Dan karyawan lain juga melihat dan juga bersinergi bersama-sama untuk membangun perusahaan,” ujarnya.

Untuk itu, imbuh Agus Santoso, apabila perusahaan bisa terbangun dengan baik dan maju, tentu nasib buruh tidak bakalan mengalami kesulitan. “Dan, kalau buruh tidak kesulitan, tentu pula tenaga kerja di Tulungagung tertampung dengan baik, kesejahteraan buruh pun akan meningkat,” kata Agus Santoso.

Sementara itu, untuk bisa mewujudkan semua ini, yakni pihaknya juga sudah menggarkan dan sudah masuk dalam RKA. Bahkan, program positif dari Disnakertrans Tulungagung ini juga sudah mendapat persetujuan dari Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM.

“Setelah hari raya nanti kita sosialisasi ke perusahaan-perusahaan sekalian untuk berdiskusi kapan itu dilaksanakan sama-sama. Mengingat ini yang kali pertama, dan mungkin perusahaan tidak pernah berpikir mencari pekerja yang bisa voli. Harapan saya nanti perusahaan juga bisa menampung atlet-atlet olahraga untuk menjadi karyawan,” kata pria yang selalu akrab dengan wartawan ini.(Hsu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *