Bupati  Tanah Bumbu Gelar Rakor Bersama  seluruh SKPD 

CB, Tanah Bumbu – Rapat Koordinasi (Rakor) pemantapan acara puncak event budaya Mappanre Ri Tasi E digelar secara terbatas.

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H Ambo Sakka, diruang rapat Bupati, 19/05/22.

Pada momen itu turut hadir Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar, beserta seluruh kepala SKPD dilingkup pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Rakor tersebut digelar masih dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu Ke-19, sekaligus event budaya Mappanre Ri Tasi E, dengan tujuan pemantapan menuju acara puncak yang akan diselenggarakan pada 22 Mei 2022 mendatang.

Pada momen yang sama, Abah Zairullah kembali menyampaikan, dalam Event Budaya ini tidak akan ada lagi kegiatan pesta yang bersifat syirik.

“Sebagai contoh membuang kepala hewan kelaut atau memberi makan laut itu sudah dan jangan pernah lagi ada harapannya ,makanya nama yang awalnya Mappanretasi yang artinya memberi makan laut sekarang kita rubah menjadi Mappanre Ri Tasi E yang artinya makan bersama di laut,” tegas Abah Zairullah.

Ditambahkan Abah, jika kegiatan puncak event budaya kali ini lebih banyak diisi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti tabligh akbar dan juga dzikir  &Istikfar bersama.

Diharapkan semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi do’a, yang mustajabah untuk keselamatan bersama oleh sebab itu dirinya bersama pemerintah setempat mencoba melakukan sebuah kemasan, agar acara yang di asumsi berbau syirik ini bisa berubah menjadi acara yang berbau budaya.

“Ketika orang datang ke Tanah Bumbu, tunjukanlah pada mereka dan anak cucu kita kelak bahwa inilah budaya kita, cukup dengan baju putih dan juga kopiah atau atasan putih itu saja, sehingga orang melihat, ini adalah Tanah Bumbu bukan daerah lain, kalaupun memang digabungkan dengan budaya lain seperti Jawa atau Bugis misalnya, itu sebagai bentuk penghargaan, karena kita Indonesia,” ungkap Bupati.

Selain itu menurut Abah Zairullah, ini semua juga merupakan bentuk ikhtiar Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bersama masyarakat Bumi Bersujud untuk mendoakan kelangsungan dan masa depan Kabupaten yang dicintai, ungkap Abah.

Jhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *