Ketua DPRD Bojonegoro : Pokir 2023 Yang Diusulkan Belum Diverifikasi Pemkab Bojonegoro

CB, Bojonegoro – Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bojonegoro mengusulkan ribuan pokok pikiran dari hasil reses. Tetapi, dari ribuan pokir yang diusulkan, banyak yang dinyatakan tidak layak.
Ketua DPRD Bojonegoro Abdullah Umar S.Pd, mengatakan jumat (20/05/2022), pokir 2023 yang diusulkan tersebut bukan ditolak namun belum diverifikasi oleh Pemkab Bojonegoro. Sehingga, pihaknya meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melakukan verifikasi ulang.
“Ternyata masih banyak yang belum terverifikasi. Karena belum adanya proposal dan lain-lain. Kita usulkan untuk persyaratan yang belum lengkap bisa dilengkapi setelah verifikasi,” katanya.
Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, pokir yang diusulkan DPRD tersebut merupakan hasil usulan masyarakat yang disampaikan dari proses reses.
“Sesuai mekanisme, DPRD mengusulkan itu sesuai dengan aspirasi yang diperoleh saat proses reses. Reses itu juga diparipurnakan. Kemudian dikirim ke Bappeda untuk disampaikan ke OPD,” ucap politisi PKB tersebut.
Ia menjelaskan dalam rapat kerja tersebut tidak dilakukan secara tertutup. Selain itu, dalam rapat kerja tersebut juga tidak ada pembahasan anggaran. Karena KUA dan PPAS dan Perda APBD juga belum disusun. Rapat kerja dengan agenda penyelarasan Pokir 2023 itu karena usulan-usulan yang belum lengkap persayaratannya belum terverifikasi.
“DPRD minta agar usulan yang belum terverifikasi agar diverifikasi terlebih dahulu, baru kemudian kelengkapan yang masih kurang bisa dilengkapi kemudian hari,” tutur Abddullah Umar.
Sementara Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan, berdasarkan data ada sebanyak 1.921 usulan dan yang layak hanya 830 usulan.
“Beberapa OPD telah melakukan verifikasi terhadap pokir DPRD dan telah menetapkan beberapa usulan yang tidak disetujui. Adapun dari nominal yang telah diverifikasi dengan total Rp138 miliar,” kata Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah Pemkab Bojonegoro Nurul Azizah. (aj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *