Syifaul Terpilih Sebagai Kaur Perencanaan Desa Punjul, Ketua Panitia: Penjaringan dan Penyaringan Ini Telah Melalui Mekanisme 

CB TULUNGAGUNG- Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2017 tentang Perangkat Desa, kini mulai dirasakan manfaatnya. Dengan mengacu Perda tersebut, nyaris tak terlihat adanya gesekan di masyarakat antara calon terpilih dengan yang tidak terpilih.

Terbukti, dari pelaksanaan ujian untuk mengisi kekosongan Perangkat Desa unsur Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Punjul Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung ini berjalan aman kondusif.  Sedangkan pelaksanaan ujian ini sendiri digelar di balai desa setempat.

Ujian penyaringan perangkat Desa Punjul di ikuti 2 peserta, yakni Muhamad Syifaul Qulub dengan Nomor Urut satu (1) dan peserta Nomor Urut dua (2) adalah Muhammad Rikhy Wahyu Efendi. Dari hasil ujian penyaringan perangkat desa ini telah di raih  peserta Nomor Urut 1 dengan perolehan nilai 73, sedangkan peserta Nomor Urut 2 mendapatkan nilai 28.

Dalam pelaksanaan ujian ini, panitia bekerjasama dengan pihak ketiga bertujuan agar ujian seleksi perangkat desa ini sesuai dengan harapan masyarakat. Dan, sejak dimulainya kegiatan hingga ujian, yakni pelaksanaan penyaringan ujian perangkat desa l berjalan lancar, aman dan Kondusif.

Ketua Panitia Muhammad Tamami mengatakan, penjaringan dan penyaringan perangkat desa unsur kaur perencanaan ini dilakukan dengan transparan. Selain di lakukan koreksi oleh pembuat soal ujian dari pihak ketiga yakni perguruan tinggi, panitia memastikan jika ujian berjalan fair play.

“Pelaksanaan penjaringan dan penyaringan ini telah melalui mekanisme yang telah di tentukan sesuai peraturan daerah (Perda),” kata Tamami usai pelaksanaan ujian perangkat desa kepada Cahaya Baru, Selasa (24/01).

Ditempat yang sama, Kepala Desa Punjul Makin juga mengapresiasi kinerja panitia yang telah melaksanakan seluruh tahapan dengan baik. Menurutnya, setelah dibentuk panitia sebagai kepala desa, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada panitia untuk melaksanakan seluruh tahapan.

“Hari ini, ujian telah dilaksanakan dengan baik. Siapapun pemenangnya, ia akan menjadi perangkat desa yang akan mengabdikan dirinya untuk masyarakat,” jelas Makin.

Usai pelaksanaan ujian ini, imbuhnya, iapun menunggu berita acara hasil ujian atau penyaringan perangkat desa ini untuk selanjutnya akan di lakukan pelantikan.

“Kita berharap, perangkat desa terpilih akan dapat menyesuaikan diri dan segera dapat bekerjasama dengan perangkat lain untuk melaksanakan tugasnya,” paparnya.

Sementara itu, selain pihak Kecamatan Karangrejo, pelaksanaan ujian tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung, Sugianto, Polsek Karangrejo, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.(Hsu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *