Bupati Bojonegoro Upayakan Perbaikan Sumber Mata Air Rondomori  

Cahayabaru.id, Bojonegoro – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melakukan sidak sumber mata air Rondomori, yang berlokasi di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang pada Rabu (28/06/2023).

Selama ini jika terjadi banjir di wilayah tersebut, saluran air Rondomori tidak berfungsi dan tertimbun lumpur serta bebatuan. Untuk itu Bupati Bojonegoro bersama Dinas PU Cipta Karya, Dinas PU Bina Marga, Dinas PU SDA serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menuju ke lokasi guna mengecek langsung kondisi sumber mata air.

Bangunan dam sumber mata air Rondomori sendiri pernah mengalami kerusakan hingga ambrol pada tahun 2017. Ambrolnya cek dam tersebut diakibatkan oleh gerusan kuat yang terjadi beberapa kali secara terus menerus, sehingga tembok bangunan jebol.

Hal ini berakibat potensi air yang melalui saluran irigasi sumber air Rondomori belum bisa dinikmati oleh dusun sekitar. Sehingga petani hanya mengandalkan air hujan untuk pertanian.

Jika sudah berfungsi normal, sumber air Rondomori bisa mengaliri tiga Desa yaitu Desa Sambongrejo, Desa Sengaten serta Desa Gondang.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa sumber air Rondomori memiliki potensi penyediaan air yang bagus untuk pertanian.

Disampaikan pula, rencananya setelah bangunan selesai diperbaiki dan sumber air bisa berfungsi kembali, tempat ini bisa dimanfaatkan juga sebagai tempat wisata.

“Upaya perbaikan akan segera dilakukan sehingga bisa membatu masyarakat sekitar soal kesediaan sumber air bersih, serta kedepan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata,” ungkap Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. (aj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *