Antisipasi Pohon Tumbang, Pemerintah Desa Krai Pangkas Pohon di Jalur Jalan Kabupaten

CB-Lumajang, Untuk mengurangi terjadinya pohon tumbang, Pemerintah Desa Krai melakukan pemangkasan Pohon di jalur jalan Kabupaten.

Pemangkasan Pohon dalam minggu ini dilakukan di Desa Krai Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, untuk mempermudah proses pemangkasan pada pohon yang tinggi, petugas/tenaga kerjanya dari warga Desa Krai sendiri dengan sistim upah harian pada pekerja.

Pemangkasan dilakukan secara intensif,terutama pada pohon tepi jalan, mengingat saat ini sudah  musim penghujan daun daun tumbuh rimbun dan apabila terjadi hujan deras yang disertai angin, seringkali terjadi dahan patah atau pohon tumbang.

Beberapa kasus pohon tumbang disebabkan karena pohon sudah tua, keropos dibagian tengahnya, dimakan rayap, dan mulai ada retakan disekeliling pohon. Pohon yang keropos mudah sekali tumbang.

Sementara pihak Pemerintah Desa Krai Kades Laili Sahril Mubarok melalui Seketaris Desa (Sekdes) Eddy Wijaya melalui via selulernya saat ditanya.mengatakan,pemangkasan pohon yang ada dijalur jalan Kabupaten ini memang saatnya dipangkas karena mengingat kondisi pohon sudah tua, dan ada berapa pohon yang sudah tumbang melintang disawah milik warga, sehingga warga mengadu tidak bisa tanam akibat pohon yang sudah tumbang tersebut, maka saya  berupaya buat surat permohonan ijin kepada DLH, dan DPMPTSP Kabupaten Lumajang,”ujarnya.

Lanjut Eddy Wijaya, untuk tenaga kerja pemangkasan ini sudah di kondisikan oleh Kp Joni dan biaya operasionalnya adalah swadaya, alhamdulillah semua persyaratan sudah realisasi,”imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Lumajang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah berikan surat rekomendasi,berdasarkan hasil survai lapangan pada senin 9/1/2023 oleh tim Dinas Lingkungan Hidup tentang ijin pemangkasan pohon, Dengan ini disampaikan bahwa memenuhi syarat untuk diterbitkan izin pemangkasan pohon dan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Desa Krai,”jelasnya.rabu 11/1/2022.

Reporter:Hardy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *