Tanah Bumbu Kembali Meriahkan Pesta Adat Mappanreritasi’e Di Pantai Pagatan

CB, Tanah Bumbu – Untuk meriahkan Kabupaten Tanah Bumbu bersama Lembaga Adat Ade Ogi akan menggelar Pesta Adat Mappanreritasi’e tahun 2024 yang dipastikan akan menjadi perhelatan budaya yang selalu dikenang.
Kegiatan ritual pesta laut akan berlangsung mulai tanggal 20 April hingga 4 Mei 2024, dengan pembukaan resmi pada tanggal 20 April di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Pada momeñ itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pemkab Tanah Bumbu, H. Syamsuddin, mengatakan bahwa acara tahunan ini akan menjadi momentum penting dalam pelestarian budaya dan peningkatan pariwisata di Kalimantan Selatan. “Pesta Adat Mappanreritasi’e bukan hanya sekadar festival budaya maritim, tetapi juga menjadi momen penting dalam kebangkitan pariwisata Kalimantan Selatan,” ungkap H. Samsuddin.

Budaya juga turut ditampilkan yang merupakan kekayaan budaya suku Bugis Pesisir, acara ini juga akan memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Selain itu kami juga menyediakan puluhan hingga ratusan stand produk lokal bagi para pelaku UMKM untuk berdagang, sehingga acara ini juga menjadi ajang untuk mendukung ekonomi lokal, katanya.

Sedangkan rangkaian kegiatan pesta adat ini akan dimulai sejak tanggal 17 April dengan berbagai lomba dan penampilan artis ternama dari Ibukota Jakarta untuk semakin memeriahkan suasana. Mappanreritasi’e sendiri merupakan tradisi turun-temurun suku Bugis Pesisir yang menjadi ungkapan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah.

Karena pesta adat Mappanreritasi’e juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang dikenal dengan julukan Bumi Bersujud Serambi Madinah, yang jatuh setiap tanggal 8 April. Dengan menggabungkan tradisi budaya dan keindahan alam, acara ini diharapkan akan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan menikmati pesona Pantai Pagatan serta kearifan lokal yang kaya akan sejarah.
(Team)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *