Akhirnya Muslik Terpilih Pilkades Antar Waktu Desa Pundut Trate

CB, Gresik – Panitia Pilkades antar waktu Desa Pundut Trate Kecamatan Benjeng pada Rabu (30/7/2021), mengadakan musyarawah desa (musdes) khusus untuk memilih kepala desa antar waktu dan diikuti  240 pemilih dari  sejumlah 243 pemilih, bertempat di Balai Desa setempat.

Terdapat 3 calon kades antar waktu yang mengikuti tahapan pemungutan  dan penghitungan suara. Di mana calon kades PAW nomor satu Muslik mendapat 160 suara , calon  kades PAW nomor dua Sunandar 71 suara dan  calon kades PAW nomor 3 Rifai 4 suara. Sedangkan suara tidak sah  5 suara.

Dengan perolehan suara terbanyak, Calon Kades antar waktu Muslik  sebanyak 160 suara sah,  oleh panitia Pilkades PAW melalui sidang musyawarah desa khusus memutuskan Muslik menjadi calon kades antar waktu terpilih yang selanjutnya akan ditetapkan oleh BPD untuk diajukan melalui Camat dan Dinas PMD kepada Bupati, untuk dilantik dan di SK-kan menjadi Kades definitif.

Muslik selaku calon Kades antar waktu terpilih seusai acara kepada awakmedia mengatakan, secara diplomatis bahwa perolehan suara tertinggi ini bukan sebuah kemenangan tetapi sebuah amanah  di pundak kami, untuk memimpin Desa Pundut Trate ke depan lebih bagus. Itu statemen saya.

” Saya akan membenahi semua bidang seperti infrastruktur dan  sumber daya yang ada, agar desa kita ke depan lebih baik. Apa yang sudah baik kita teruskan dan apa yang kurang baik kita benahi bersama-sama antara pemerintah desa dan lembaga-lembaga yang ada di desa sini. Dan perolehan suara saya kali ini 160 suara dari 240 pemilih,” jelas dia.

Nampak pelaksanaan  musyawarah desa khusus pilkades PAW Desa Pundut Trate, pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara pilkades antar waktu berjalan lancar dan semua  yang hadir  tampak menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid- 19.

Terkait pelaksanaan musyarawah desa khusus Pilkades PAW kali ini, Ketua Panitia Pilkades antar waktu  Desa Pundut Trate Afandi mengatakan dengan adanya pandemi Covid 19 di negara kita, alhamdulillah panitia pilkades PAW di Desa Pundut Trate mengajukan perlakukan khusus  kepada Bupati. Dan disetujui oleh Bupati sendiri.

” Kami sebagai panitia mengajukan perlakuan khusus untuk desa Pundut Trate, musyawarah desa diadakan secara bergelombang.” Ungkap Afandi.

Mewakili seluruh panitia, Afandi berharap mudah-mudahan tidak ada klaster baru  setelah pemilihan kades PAW ini. Dan  kepala desa yang baru bisa menjadikan desa kami menjadi lebih baik.

Sementara itu, terkait pelaksanaan pilkades antar waktu Desa Pundut Trate  di tengah pandemi, Camat Benjeng Suryo Wibowo mengungkapkan bahwa pemilihan kepala desa antar waktu di Desa Pundut Trate kali ini  memang kita cari terobosan baru.

” Kalau kemarin di  Desa Metatu, seluruh peserta musyawarah desa berkumpul menjadi satu di balai desa. Sedangkan di Desa Pundut Trate berbeda kebijakannya, karena penyebaran covid semakin tinggi. Sehingga untuk kegiatan musyawarah khusus di dahului pra musyawarah sebanyak empat kali.” terangnya.

Ditambahkan Suryo, untuk mengambil keputusan kita mengajukan dua opsi, diambil dengan cara musyawarah mufakat atau pemungutan suara. Setelah dari empat pra musyawarah ini, akhirnya dihitung mayoritas menghendaki pemungutan suara.

Ternyata dari 243 pemilih tersebut yang hadir di tempat musdes khusus sebanyak 241 pemilih.  Mereka tidak semua berkumpul jadi satu namun diatur sedemikian rupa, dalam 3 sesi.

 

” Alhamdulillah kerumunan dapat kita hindari, protokol kesehatan ketat yang melibatkan tenaga kesehatan, Satgas Kecamatan, Satpol PP, Polisi dan Koramil. Semua kita rapatkan, tandas Suryo.

Setelah acara selesai, tak henti-hentinya Camat Benjeng ini merasa bersyukur  karena pelaksanaan musdes khusus Pilkades antar waktu berjalan sesuai rencana.

Alhamdulillah, selesai tetap mengikuti aturan bagaimana pilkades antar waktu ini dilaksanakan dan prokes juga tetap ditaati, ucapnya.

Diakhir pembicaraan Suryo Wibowo menyebutkan pilkades antar waktu Desa Pundut Trate dimenangkan Muslik nomor urut satu. Dan calon Kades antar waktu yang terpilih sebelumnya  menjabat anggota BPD.

Mudah-mudahan yang terpilih ini membawa amanah, menjadi Kepala Desa yang membawa Pundut Trate semakin maju, harap dia.(tof/Sri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *