Sekdakab Tanbu Buka Sosialisasi Kemitraan Usaha

CB, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar kegiatan Sosialisasi Kemitraan Usaha yang dilaksanakan di Aula Hotel Ebony Batulicin, (08/07/2021).

Pada momen itu turut hadir dalam Sekretaris Daerah (Sekda) Kab, Dr. H. Ambo Sakka, Kepala DPMPTSP Adrianto Wicaksono, pimpinan perusahaan, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) serta para undangan.

Sekda Tanbu Ambo Sakka kepada media mengatakan bahwa Sosialisasi Kemitraan Usaha bertujuan untuk membangun kemitraan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dikatakan Ambo Sakka UMKM memiliki peranan penting dalam roda perekonomian masyarakat terlebih keberadaannya yang tetap eksis dan tahan banting meskipun sempat mengalami Krisis Ekonomi di tahun 1997 dan pandemi Covid-19 sejak tahun kemarin.

Lanjutnya “melalalui kemitraan ini, produk-produk yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dapat lebih diperioritaskan serta diharapkan tidak perlu mendatangkan produk dari luar daerah, karena disini kita berupaya untuk memberdayakan UMKM yang ada di Tanah Bumbu, ungkap Sekda.

Untuk itu Sekda menambahkan bahwa Pemerintah Daerah melalui dinas terkait akan berupaya maksimal dalam mengembangkan UMKM serta kemitraan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dapat terjalin dengan baik.

“Karena UMKM itu produknya juga merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang ada disekitarnya, inilah yang harus kita lindungi,” tutur Sekda.

Kadis PMPTSP Adrianto Wicaksono selaku penyelenggara acara mengatakan kegiatan Sosialisasi Kemitraan Usaha tersebut turut menggandeng SKPD terkait yaitu Disdagri dan Disnakertrans dalam hal pembinaan UMKM.

“Seperti yang kita ketahui di 2020 itu pertumbuhan ekonomi Tanah Bumbu itu minus 1,28%, jadi harapannya dengan kemitraan ini kemudian dari arahan Pak Sekda tadi produk-produk dari UMKM dapat terserap oleh masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi di tahun ini dapat lebih baik dan bergairah,” ungkap Kadis.(jhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *