Peternakan Ayam Ras Petelur program prioritas unggulan Kabupaten Bojonegoro

CB, Bojonegoro – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro mengembangkan kawasan peternak ayam ras petelur. Langkah ini sebagai upaya menjadikan Bojonegoro tidak hanya sebagai sentra ternak sapi, kambing dan domba, akan tetapi juga ayam petelur.

Kepala Bidang Peternakan Disnakkan Bojonegoro, Elfia Nur Aini mengatakan bahwa di tahun 2020 lalu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah sudah berinisiasi Kabupaten Bojonegoro sebagai daerah kawasan ayam ras petelur. Maka dari itu pendampingan bagi peternak ayam ras petelur dimasukan dalam program prioritas unggulan Kabupaten Bojonegoro.

Dikarenakan dari adanya keterbatasan dana APBD karena refocusing untuk pendanaan Covid-19, maka tahun 2020 kemarin tidak ada dana hibah ternak. Namun lebih difokuskan pemberian pelatihan kepada para peternak.

“Seperti pelatihan pembuatan pakan ternak konsentrat maupun dari hijauan bahkan pelatihan pupuk organik,” ucapnya

Lebih lanjut, di tahun 2020 lalu Disnakkan telah mengajukan bantuan kepada Bank Indonesia untuk mendukung penguatan kelembagaan seperti pelatihan kepada kelompok peternakan ayam petelur. Dan hasilnya terlaksana pelatihan selama tiga hari serta peternak juga dipertemukan langsung dengan koperasi.

“Bimtek bagi peternak ayam petelur sendiri sudah terlaksana di 3 kawasan yakni, Kecamatan Baureno, Trucuk dan Kanor,” sambungnya.

Sementara itu, untuk tahun 2021, ada satu kelompok ternak yang akan mendapat pendampingan khusus terkait ternak ayam ras petelur, yaitu di kecamatan Baureno. Hal ini dikarenakan daerah tersebut sudah ada kawasan yang terdiri dari beberapa peternak yang mempunyai dasar ternak ayam ras petelur.

“Sejauh ini, masih dalam proses pelengkapan administrasi yang harus dicukupi,” ujar Elfia.

Ia juga berharap meskipun Bojonegoro masih dalam tahap merintis, dengan adanya pembinaan pendampingan ternak ayam ras petelur di Kecamatan Baureno setidaknya dapat menjadi rujukan sebagai contoh tempat pembelajaran bagi peternak lainnya.

“Karena sudah dalam suatu kawasan dan sudah ada kelompok ayam petelur, namun demikian sebagai indikator sudah banyak muncul peternak ayam petelur di bojonegoro,” pungkasnya.(hms/aj).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *