Disdik Tanbu Imbau Selama Ramadhan  Sekolah Adakan Pesantren Kilat

CB-Tanah Bumbu – Selama di  bulan Ramadhan, Disdik Tanbu menghimbau  Sekolah Laksanakan  Pesantren Kilat 1444 H atau bulan puasa tinggal menghitung hari. Bulan suci bagi umat Islam tersebut identik dengan berbagai kegiatan keagamaan.

Hal itu dikatakan Kadis Pendidikan bahwa program Pesantren Kilat atau Pesantren Ramadhan yang dilakukan satuan pendidikan atau sekolah.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanah Bumbu  imbau agar setiap tahunnya, mayoritas satuan pendidikan di Tanah Bumbu mengadakan kegiatan tersebut.

Rata-rata hampir seluruh sekolah mengadakan, tidak hanya sekolah islam tetapi juga sekolah umum dengan murid yang mayoritasnya beragama Islam biasanya turut mengadakan Pesantren Ramadhan, kata  Kepala Dinas Pendidikan, Eka Saprudin melalui Kepala Bidang SD Salman, 10/03/23.

Sesuai dengan nama kegiatannya, melalui Pesantren Kilat para siswa diajarkan tentang berbagai ilmu dan pengetahuan yang diterapkan layaknya kehidupan di Pesantren, mulai dari nilai keagamaan serta kemandirian.

Sehingga diharapkan sejalan dengan komitmen Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar yang terus menggencarkan nilai keagamaan guna mewujudkan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah.

Bahwa durasi pelaksanaan Pesantren Kilat di Tanah Bumbu cukup beragam.

Sekolah umum biasanya melangsungkan Pesantren Kilat selama dua hingga tiga hari, namun untuk sekolah islam biasanya melaksanakan kegiatan ini selama satu minggu.

Jika mengacu pada  kalender akademik yang telah diterbitkan Dinas Pendidikan di awal tahun ajaran 2022/2023, akan ada libur di awal bulan Ramadhan pada tanggal 22 – 25 Maret 2023. Setelah libur, masuk 12 hari selama 27 Maret – 8 April 2023, lalu kemudian libur Idul Fitri dari 10 – 29 April 2023.

Maka  keputusan ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan atasan dan pemangku kepentingan apakah akan kembali diliburkan total seperti tahun lalu, kata Salman.

Karena  kebijakan yang dikeluarkan nantinya oleh Disdik Tanbu selama bulan Ramadhan, diharapkan tidak akan memberatkan kepada siswa yang melaksanakan ibadah puasa, ungkapnya.

“Mudah-mudahan Pesantren Ramadhan ini dapat terus berjalan seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya. (Jhon/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *