Menko Muhadjir Pastikan Bantuan Cadangan Pangan Tepat Sasaran

OKU TIMUR — “Saya ke sini untuk memastikan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Presiden tepat sasaran dan diterima kepada 22 juta penerima manfaat termasuk 39 ribu penerima di OKU Timur,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Ia mengatakan hal itu saat melakukan kunjungan kerja di Desa Jati Mulyo I, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, pada Rabu (28/02/2024).

Kedua, lanjut Muhadjir, ingin mengecek program-program yang dikoordinasikan oleh Kemenko PMK dilaksanakan disini.

Kunjungan Menko PMK ke Kabupaten OKU Timur merupakan kunjungan perdana. Di hadapan warga Desa Jati Mulyo I, Menko PMK menyampaikan kesannya pada Kabupaten OKU Timur dengan antusiasme masyarakat yang luar biasa dalam menyambut Menko PMK dan mengikuti kegiatan.

“Ini kunjungan saya pertama di OKU Timur, ternyata OKU Timur sangat luar biasa,” ujarnya.

Menko PMK dalam dialognya bersama masyarakat menanyakan perkembangan harga beras.

“Karena itu Insya Allah mudah-mudahan karena pemberian bantuan pangan ini, dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat kurang mampu,” jelas Muhadjir.

Bantuan CPP merupakan upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat kurang mampu akibat dampak El-Nino. Dan merupakan intervensi dari strategi penanganan kemiskinan ekstrem untuk pengurangan beban pengeluaran. Badan Pangan Nasional (BAPANAS) melalui Perum Bulog menyalurkan bantuan berupa 10 kilogram beras untuk setiap penerima manfaat yang dimulai dari Januari.

Jumlah keseluruhan Keluarga Penerima manfaat CPP Tahun 2024 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sebesar 39.793 KPM, Kecamatan Belitang Madang Raya sejumlah 2.565 keluarga, sedangkan penerima CPP di Desa Jati Mulyo I sebanyak 137 KPM dan Desa Lubuk Harjo sebanyak 158 KPM.

Saat ini penyaluran CPP yang dilaksanakan di Desa Jati Mulyo I merupakan penyaluran untuk alokasi bulan Februari.

Dalam kesempatan itu Menko PMK menyerahkan secara simbolis bantuan CPP, bingkisan tambahan makanan untuk keluarga dengan anak stunting dan ibu hamil dengan resiko Kurang Energi Kronis (KEK), bantuan alat bantu untuk penyandang disabilitas, dan santunan dana duka.

Selain itu, Menko PMK juga mengecek proses pelayanan dan pemasangan KB yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur di Kantor Desa Jati Mulyo I. Antusias warga menggunakan kontrasepsi KB juga mendapatkan apresiasi dari Menko PMK.

Turut mendampingi Menko PMK dalam kunjungan tersebut, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah, Wakil Bupati OKU Timur HM. Adi Nugaraha Purnyudha, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Budiono Subambang, dan jajaran Forkopimda Kabupaten OKU Timur. (Yit/ANO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *