Bupati Maryoto Berangkatkan Ratusan Jamaah Haji Asal Tulungagung

CB, TULUNGAGUNG-Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, belum lama ini telah memberangkatkan Jamaah haji asal Tulungagung, di Universitas Islam Negeri (UIN) SATU Tulungagung.

Hadir dalam acara tersebut, yakni Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo SE, Rektor UIN SATU serta jajarannya, Ketua MUI Tulungagung, Ketua IPHI Tulungagung, Kabag Kesra Setda Tulungagung, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Ketua FK dan KBIHU Se-Tulungagung, Petugas kloter, TPHI, TPIHI dan Tenaga Kesehatan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Kabupaten Tulungagung tahun 2022 Dr H Muhajir S.Pd.I, M.Ag mengatakan, bahwa untuk tahun ini Jamaah Lunas ada 387 orang, Jemaah Cadangan Lunas 45 orang, Pembimbing KBIHU 1 orang, Petugas Haji Daerah (PHD) 1 orang dengan jumlah 434 orang. Sedangkan mutasi masuk Antar kabupaten/kota dalam Provinsi 3 orang, Antar Provinsi/Embarkasi 1 orang, Mutasi Keluar Antar kabupaten/kota dalam Provinsi 3 orang, dengan Jumlah Total calon jemaah haji Tulungagung tahun 2022 berkisar 434 orang (Jumlah ini masih ada kemungkinan bertambah, red).

Muhajir juga mengatakan, bahwa Calon Jemaah haji termuda atas nama Muhammad Farid Safaruddin (21 tahun, red) dengan Alamat Dusun Ngubalan RT 03 RW 04 Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir Tulungagung. Dan, menurut

Muhajir, bahwa waktu Pelunasan BPIH tahun 2022 Jemaah Haji Reguler dan Cadangan, mulai tanggal 9 Mei hingga 20 Mei 2022 , yajni yang melunasi sejumlah 432 Jemaah. Unruk Pembimbing KBIHU ini sendiri mulai tanggal 20 Mei hingga Mei 2022 yang melunasi sejumlah 1 Jemaah, untuk Petugas Haji Daerah mulai tanggal 20 Mei hingga Mei 2022 yang melunasi Sejumlah 1 Jemaah,.

“Jasi Besaran BPIH berdasarkan Keputusan Menteria Agama Nomor 434 tahun 2022 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1443 H / 2022 M, besaran BIPIH untuk Embarkasi Surabaya sebesar Rp. 42,586,009,00.“ , terang Muhajir.

Untuk bimbingan kelompok yang dilaksanakan di KUA kecamatan, lanjut Muhajir, kisaran empat kali pertemuan, yakni dimulai pada tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan tanggal 30 Mei 2022, yang diikuti oleh Calon Jamaah haji yang telah melunasi BIPIH tahun 2022 sebanyak 387 orang. Sedangkan bimbingan manasik haji massal yang dilaksanakan di tingkat kabupaten sebanyak 2dua kali, yakni pada tanggal 24 Mei 2022 dan tanggal 01 Juni 2022 bertempat di UIN SATU Tulungagung.

“Untuk pembinaan karu dan karom dilaksanakan pada tanggal 02 dan 03 Juni 2022 bertempat di Aula PLHUT Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung, diikuti oleh 10 Karom dan 38 Karu,” paparnya

Masih kata Muhajir, sedangkan untuk Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji Tulungagung hingga saat ini masih belum ada jadwal Resmi alias masihmenunggu Hasil Qur’ah Embarkasi Surabaya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo mengatakan, bahwa Ibadah haji merupakan sebuah ibadah yang dijadikan sebagai salah satu dari lima pondasi (rukun), yang dengannya akan tegak Agama Islam.

”Setiap muslim sudah barang tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah, karena hal ini, disamping merupakan kewajiban juga sekaligus kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT. Untuk itu, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dengan suka cita dan turut berbahagia mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya Calon Jamaah Haji tahun 1443 H/2022 M ke tanah suci.”, kata Bupati.

Keberangkatan calon jamaah ini, lanjutnya, hal yang patut disyukuri, mengingat tahun lalu pemberangkatan jamah haji dibatalkan.

“Keberangkatan ini merupakan hal yang patut disyukuri, karena seperti yang telah kita ketahui pemberangkatan jamaah haji tahun sebelumnya dibatalkan dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan seluruh jamaah, karena situasi Pandemi Covid-19 yang belum kondusif,” ujar bupati.

Untuk tahun ini, imbuh Bupati Maryoto, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi Calon Jamaah Haji Indonesia, sehingga rombongan dalam kuota ini wajib bersyukur. Namun demikian, bupati pinta pada ratusan jamaah haji ini tetap menjaga kesehatan serta beribadah yang sebaik-baiknya.

Selain itu, bupati juga menghimbau kepada seluruh Calon Jamaah Haji Tulungagung untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik.

Bupati juga mengatakan bahwa mengingat banyak Calon Jamaah Haji yang usianya sudah lanjut, maka akan sangat bijaksana untuk saling melindungi melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,

“Disamping itu, saya menghimbau Bapak-Ibu untuk senantiasa disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan pembimbing serta petugas haji yang ditunjuk. Jadwal dan waktu yang telah ditentukan hendaknya diperhatikan dan diikuti dengan baik, sehingga Bapak-Ibu dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari tanah air hingga tanah suci nanti. Budayakan untuk selalu tepat waktu di manapun berada, sehingga keseluruhan jamaah juga dapat tepat waktu dan tidak tertinggal dalam mengikuti jadwal,”, pesan bupati pada ratusan jamaah haji yang diberangkatkannya itu.(rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *