Berjibaku Dengan Si Jago Merah, Yonarmed 12/Divif 2 Bantu Padamkan Kebakaran Lahan Warga

CB,Ngawi – Jumat sore, seluruh personel Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad terlihat bergegas, ketika alarm kebakaran berbunyi sangat nyaring. Bukan tanpa alasan alarm tersebut dipicu terjadinya kebakaran di lahan jagung milik warga Ngawi yang ada di sekitar Benteng Van Den Bosch.

Sontak saja, bunyi alarm tersebut memancing kesigapan personel satuan di bawah kepemimpinan Letkol Arm Ronald F. Siwabessy tersebut untuk bergerak cepat menuju lokasi.

Dengan berbagai alat pemadam kebakaran, serta memanfaatkan ranting-ranting pohon yang ada dilokasi, personel Armed 12/Divif 2 Kostrad, terlihat begitu cekatan membantu warga memadamkan api yang sudah mengelilingi lahan jagung tersebut. Tak ketinggalan 2 unit kendaraan pemadam kebakaranpun dikerahkan untuk berjibaku dengan si jago merah.

Saat ditemui dilokasi, Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad Letkol Arm Ronald F Siwabessy mengatakan, “ Iya benar terjadi kebakaran di lahan jagung milik salah satu warga Ngawi, prajurit kami bahu membahu bersama masyarakat untuk memadamkannya dan berhasil “.

Begitu kami menerima informasi tersebut, kami terjunkan prajurit Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad untuk segera bergerak menuju lokasi. Kita harus bergerak cepat untuk menghambat jalannya api agar tidak menyebar, apalagi lokasi kebakaran berada di sekitar area salah satu bangunan bersejarah yang merupakan destinasi dan ikon wisata Ngawi, ungkapnya, Jumat 11 Oktober 2019.

Lebih lanjut, Letkol Ronald menambahkan disamping lahan yang kering karena kekeringan yang sudah hampir 150 hari, kencangnya angin memang menjadi salah satu penyebab gesekan antara ranting dan daun kering sehingga begitu cepatnya api merambat. Namun dengan kecepatan serta kesigapan para prajurit , warga serta Damkar kabupaten Ngawi akhirnya api dapat kita padamkan.

Kerja yang luar biasa, inilah salah satu wujud pengabdian kami kepada masyarakat. Berada ditengah-tengah mereka serta dapat meringankan kesulitan mereka adalah komitmen serta jati diri kami sebagai tentara rakyat, imbuh Almamater Akademi Militer tahun 2002 itu.

Sementara itu Danmenarmed 1/Divif 2 Kostrad mengapresiasi kecepatan serta kesigapan Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad dalam membantu kebakaran yang terjadi di lahan masyarakat tersebut. ” Itulah sejatinya Pasukan Jajaran Divif 2 Kostrad, setiap saat siap bergerak “, ujar Kolonel Didik.

Tugas TNI bukan hanya berperang, namun melaksanakan operasi militer selain perang. Salah satunya, membantu penanggulangan bencana alam, tegasnya saat dihubungi via telephone.(pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *