Budidaya Porang Menjanjikan Kesejahteraan

CAHAYA BARU – Prospek porang yang saat ini bergulir di Indonesia menjadi perhatian khusus dari berbagai kalangan dunia usaha, baik itu petani, pengusaha maupun pemerintah. Pasalnya, kebutuhan porang untuk ekspor luar negeri masih kekurangan dan terus meningkat. Untuk itu disaat pandemi seperti ini, sangatlah tepat untuk dijadikan alternatif peluang usaha sebagai peningkatan perekonomian.

Ketua Pembina Asosiasi petani porang Indonesia (Aspeporin) Jawa Timur, Moch Agus Slamet SE, MM saat dikonfirmasi usai menjalankan sholat dhuhur berjama’ah di komplek area masjid togogan Srengat Kabupaten Blitar menyampaikan bahwa porang saat ini sudah masuk dalam super prioritas pertanian baru (SPPB). Sabtu, 13/5/2021.

“Porang disamping masuk sebagai SPPB, juga sekaligus sebagai komoditi penguat ketahanan pangan,” kata wakil ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Blitar Moch. Agus Slamet SE, MM.

Disamping itu menurut pria yang kesehariannya akrab disapa Gus ini mengatakan, agar masing – masing pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aspeporin ditingkat kabupaten dan kota bisa segera merapat ke dinas terkait yaitu Dinas Pertanian untuk bisa mensinergikan peluang pengembangan porang didaerah masing – masing.

“Dalam hal ini kehadiran perbankan jelas kita butuhkan, guna mensupport penguatan permodalan petani dalam rangka persiapan musim tanam dalam pembelian bibit tanaman porang,” jelas pria yang juga ditunjuk sebagai penasehat Posbakumadin Blitar dan Trenggalek.

Untuk itu, lanjut Gus yang dipercaya juga menjabat sebagai wakil ketua Baladika Jawa Timur menjelaskan bahwa sinergitas tiga pilar yaitu Dinas Pertanian, DPD Aspeporin dan perbankan apabila bisa tertata dengan baik akan menjadi bisnis alternatif baru yang saling menguntungkan.

“Menteri Pertanian dalam kegiatan zoomhya kemarin, dengan mengusung tema pengembangan kawasan porang dan akselerasi ekspor, dalam undangan webinar tertulis bahwa nilai ekonomi porang sangat menjanjikan kesejahteraan dan kebutuhan akan porang di Indonesia untuk dunia terus meningkat. Disitu juga tertulis bapak Presiden mendukung percepatan budidaya porang di Indonesia. Apalagi porang mudah dibudidayakan. Jadi sudah jelas untuk prospek porang sangatlah menggembirakan dan menjanjikan,” pungkasnya.(pram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *