Walikota Blitar Gelar Musrenbang RPJMD 2021-2026, Jadikan Milik Bersama

CB, BLITAR – Bertepatan dengan Bulan Bung Karno, Pemerintah Kota Blitar gelar Musrenbang Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, di Balai Kota Koesomo Wicitro. Jumat, (4/6/2021).

Acara dibuka oleh Walikota Blitar, Drs. Santoso, M.Pd dan dihadiri oleh Kasubdit II Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Pj Sekda Kota Blitar, Syaichul Gulan yang juga sebagai Kepala Bakorwil Malang, Ketua dan anggota DPRD Kota Blitar, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Pimpinan BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan LSM.

Walikota, dalam sambutan pertama menyampaikan rasa terima kasih kepada Bappeda dan semua OPD dilingkungan Pemerintah Kota Blitar, ketua dan anggota DPRD Kota Blitar, Akademisi dan elemen  masyarakat.

“Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada semuanya yang secara aktif telah mengikuti tahapan – tahapan dalam rangka penyusunan RPJMD Kota Blitar. Lebih – lebih  saat ini adalah berketepatan dengan Bulan Bung Karno. Ini khusus merupakan bulan yang istimewa bagi masyarakat Kota Blitar,” ucapnya.

Mantan Wakil Walikota ini menerangkan bahwa dibulan Juni ada 3 momentum yang tidak bisa dilupakan dan merupakan bulan sakral, yaitu pertama, 1 Juni telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai hari lahir Pancasila.

“Ya di Bumi Bung Karno inilah pada saat beliau mencanangkan dan hadir bersama – sama mengikuti upacara Grebek Pancasila di Aloon – Aloon beserta seluruh anggota DPR, MPR RI untuk pencanangan 1 Juni yang telah ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila,” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Sekda Kota Blitar ini menjelaskan, untuk yang kedua, adalah pada tanggal 6 Juni merupakan hari lahirnya Bung Karno. Ketiga, berketepatan dengan wafatnya Bung Karno tanggal 20 Juni.

“Jadi untuk tanggal 20 Juni kita agendakan sebagai Haul Bung Karno dan saya lihat dari kegiatan yang disusun oleh Dinas Pariwisata ini, satu bulan penuh dengan kegiatan – kegiatan dalam rangka menyambut Bulan Bung Karno. Walaupun saat ini sedang pandemi Covid, kita tetap menyelenggarakan dengan nuansa yang sederhana serta menjalankan protokol kesehatan. Jangan sampai peristiwa yang terjadi di India, karena merasa sudah divaksin tapi tidak melaksanakan prokes, maka ratusan ribu warganya meninggal,” himbaunya.

Terkait dengan musrenbang RPJMD, Walikota Blitar, Santoso, melalui Bappeda yang meminta masukan kepada komponen masyarakat, berharap musrenbang bukan menjadi milik pemerintah namun milik bersama.

“Harapan kita, untuk musrenbang RPJMD 2021-2026 ini tidak semata – mata menjadi milik pemerintah Kota Blitar, akan tetapi betul – betul menjadi milik kita bersama. Karena kita ketahui bersama bahwa pijakan pembangunan lima tahun mendatang bertumpu pada rumusan  – rumusan konsep didalam musrenbang RPJMD,” ungkapnya.

Santoso menilai bahwa  konsep yang dilakukan dalam menyusun RPJMD sudah sesuai dengan ketentuan dan tepat sasaran. Karena konsep yang disusun telah dipandu oleh pakar dan ahlinya.

“Jadi RPJMD 2021-2026 tidak ada manipulasi, sehingga saat kita sampaikan kepada anggota dewan yang terhormat baik ditingkat daerah dan Provinsi Jawa Timur, ada benang merah antara konsep tingkat nasional, tingkat provinsi sampai tingkat daerah. Sehingga seluruh OPD – OPD  didalam melaksanakan program – program ini, tentunya bertumpu pada hasil musrenbang RPJMD yang saat ini kita selenggarakan,” katanya.

Menurut orang nomor satu di Kota Blitar, Santoso, lebih jauh menerangkan bahwa visi dan misi yang sudah dirumuskan dan disampaikan masyarakst disaat kampanye harus dipahami dan didukung oleh seluruh OPD.

“Dengan demikian program – program itu betul –  betul sesuai dengan harapan masyarakat. Bagaimana lima tahun konsep kedepan pembangunan kota Blitar akan kita jalankan. Karena RPJMD periode sebelumnya sudah habis, dan bertepatan dengan tahun 2021-2026 inilah menjadi dasar pijakan, maka konsep pembangunan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan koridor ukuran – ukuran yang ada,” tutup Santoso, Walikota Blitar mengakhiri sambutan. (Pram/ADV/HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *