Manfaatkan Potensi Alam Briptu Reza Ingin Wujudkan Destinasi Wisata Koi Di Lumajang

CB-Lumajang, berawal saat melihat potensi daerah kelahirannya, pemuda asal daerah Rowokangkung Kabupaten Lumajang yang berlimpah akan sumber air serta lokasi yang bisa dimanfaatkan sebagai budidaya ikan hias jenis koi, Agustnus Cahya Reza Pradana (31) mencoba merintis pembudidayaan ikan hias Koi dan berkeinginan kelak di Rowokangkung bisa dijadikan destinasi wisata ikan koi.

Agustinus selaku ketua kelompok Pelangi Koi Rowokangkung disela kegiatannya saat mengunjungi salah satu tambak koi milik petaninya didaerah Wotgalih – Yosowilangun menyampaikan bahwa semua ini terlintas saat melihat keprihatinannya terhadap para petani ikan konsumsi.

“Berawal dari keprihatinan saya melihat banyak petani ikan konsumsi yang gagal, saya terketuk disitu bagaimana cara kita mengajak mereka bangkit, karena banyak kolam yang terbengkalai, akhirnya saya berfikir gimana caranya saya bisa memberdayakan masyarakat di Rowokangkung dan saya menemukan cara yaitu dengan budidaya ikan koi.” Ujar Agustinus yang juga merupakan Anggota Polri berpangkat Briptu ini.

Briptu Agustinus bersama kakaknya Bripka Bima Esa Yuansa yang juga anggota Polri ini menjelaskan bahwa potensi budidaya ikan koi jauh lebih menguntungkan dibandingkan budidaya ikan konsumsi dan soal pemasaran kami pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan pengepul ikan koi di daerah lain.

“Potensinya jauh lebih menguntungkan ikan koi dari pada ikan konsumsi, dari biaya produksi yang kita keluarkan keuntungannya bisa mencapai 100% dan untuk pemasarannya kami sudah melakukan MOU dengan pengepul besar di daerah Tulungagung dan kita sebenarnya mendapat target per 10 hari itu 2000 ekor namun sampai saat ini kami belum bisa menyediakan karena keterbatasan lahan dan petani yang kita miliki, jadi soal pemasaran jangan khwatir kami sudah siap memfasilitasi,” ujarnya.

“Saat ini kami Pelangi Koi sudah memiliki 11 petani dan kami berharap kepada masyarakat yang berminat melakukan budidaya ikan koi jangan sungkan untuk bergabung di Pelang Koi, kami siap menyalurkan dan membimbing cara pembudidayaan ikan koi, dan kami juga berharap Pemerintah bisa melihat potenis ikan koi ini hingga nantinya kami bisa mendapat perhatian dan suport dari segala hal hingga budidaya ikan koi ini menjadi besar dan bisa jadi tujuan wisata,” imbuh Reza sapaan akrab Briptu Agustinus Cahya Reza Pradana.

Diketahui Kelompok Pelangi Koi yang dimotori Agus Tinus dan Bima beserta pemuda yang lain masih baru berjalan beberapa bulan terakhir ini masih memiliki belasan petani, namun sudah MOU dengan pedagang besar didaerah Tulungagung, dan saat ini diharapkan para peminat budidaya ikan koi segera bergabung bersama Pelangi Koi.

Sementara itu Aziz F.Camat Rowokangkung perihal perkembangan dan potensi budidaya ikan koi di Rowokangkung menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas sentuhan tangan dingin dan ide – ide kreatif khususnya pemuda – pemuda Rowokangkung yang mampu memanfaatkan potensi yang ada demi pemberdayaan masyarakat

“Kami merasa senang dengan adanya tangan – tangan dingin dari mas Reza dan mas Bima yang telah mengakomodir teman – teman yang ada, lambat laun kita berharap dengan adanya budidaya ikan koi yang hasilnya sudah nyata ini bisa membangkitkan semangat petani ikan konsumsi untuk bisa beralihke ikan koi, namun bukan berarti kita akan mengabaikan pembudidaya ikan konsumsi,” Ungkapnya.

“Di Rowokangkung itu airnya mudah dan dari segi keamanan juga aman, kita mendukung penuh upaya – upaya dari mas Reza dan teman – teman dalam budidaya ikan koi, dan kami berharap Rowokangkung nantinya bisa terkenal dengan Pelangi Koi nya, dan bisa menjadikan koi sebagai salah satu icon Lumajang dan bisa menjadi tujuan destinasi wisata,” imbuh mantan Kabag Humas Pemkab Lumajang ini.

Terpisah, Camat Yosowilangun Indriono K. turut mengapresiasi masyarakat yang perhatian di bidang perikanan dan pihaknya berharap budidaya ikan ini bisa berkembang dan bisa menarik minat masyarakat untuk membudidayakannya.

“Kami istilahnya turut bangga, ada masyarakat yang perhatian dalam bidang perikanan, saya berharap budidaya ikan koi ini bisa berkembang hingga membuahkan hasil yang akhirnya bisa menarik minat masyarakat yang lain untuk ikut membudidayakan ikan koi ini yang diharapkan bisa menambah kesejahteraan masyarakat pada umumnya,” Pungkasnya.(Hardy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *