Kades Tanah Landean Ikut Sukseskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

CB, Gresik – Semangat juang Kepala Desa (Kades) Feri Hermawan memperjuangkan warganya untuk memiliki sertifikat tanah yang secara hukum dan diakui oleh negara melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Itu terbukti bahwa pemerintah desa Tanah Landen akan melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang segera akan dilaksanakan program PTSL tersebut.

Tak hanya Desa Tanah Landen saja yang akan melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) namun Desa-desa se-Kecamatan Balongpanggang juga akan melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).Sabtu,08-01-2022.

Dengan segenap dan penuh tanggung jawab seluruh Pemerintah Desa dan Kepala Desa Tanah Landean Berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan program pemerintah melalui Proses Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala Desa Tanah Landean Feri yang akrab disapa dengan panggilan akrabnya Feri Hermawan langsung rapatkan barisan bersama Koordinator RT/RW agar memberikan informasi kepada para pemilik bidang tanah untuk mengumpulkan salinan data kepemilikan bidang tanahnya.

Yang bertujuan untuk turut serta mensukseskan progam pemerintah melalui progam PTSL.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pula tentang apa itu PTSL dan tujuannya “begini kata feri”,salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. Sertifikat cukup penting bagi para pemilik tanah, tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari. Karena sebagian warga sering kali menunda pembuatan sertifikat dikarenakan faktor biaya”.

Feri juga Menambahkan” nantinya seluruh berkas tanah masyarakat yang akan diproses tersebut ditingkatkan menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

SYARAT-SYARAT PENGAJUAN PTSL ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

1.SPOP Asli dan foto copy SPOP rangkap(2lembar).

2.Surat rekomendasi BANK bagi SPOP yang di jaminkan.

3.SPPT asli tahun 2021.

4.Foto copy Kartu keluarga KK(2 lembar)

5.Foto copy KTP (2 lembar).

6.Surat Pernyataan Kepemilikan Tanah bagi yang belum keluar SPPTnya.

Dengan CATATAN :

– Persyaratan di atas tersebut berlaku untuk satu bidang tanah dan semua persyaratan di masukkan dalam map yang di daftarkan

– Tanah yang sudah bersertifikat tidak dapat masuk dalam progam PTSL

-Pendaftaran di buka tanggal 10 januari s/d 14 januari 2022 jam 08.00 wib s/d 14.00 wib di balai desa Tanah Landean (Pemilik Tanah Wajib Datang Ke Balai Desa).

– Hal – hal yang belum jelas dapat di tanyakan langsung ke panitia / datang ke Balai Desa.

Untuk Tahapan Proses pembuatan Program PTSL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan penggunaan PTSL yang berkualitas, kompeten dan sesuai dengan target.

BEBERAPA TAHAPAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP ( PTSL ) ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

1. Penyuluhan.

2. Pendataan.

3. Pengukuran.

4. Sidang panitia A.

5. Pengumuman dan pengesahan.

6. Penerbitan sertifikat.

Sementara pengakuan dari salah satu Masyarakat desa Tanah Landean Sri Rahayu menuturkan”, terus terang saya sangat bersyukur sekali karena kami di beri kemudahan dalam pengurusan sertifikat tanah melalui program PTSL yang diluncurkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

“Terima kasih kepada ATR/BPN karena dengan adanya progam PTSL ini saya sebagai rakyat kecil terbantu sekali dan juga dalam pembuatannya mudah dan tidak ribet. Kalau nantinya sudah jadi Sertifikat akan saya simpan, karena sertifikat rumah kedepannya buat anak cucu saya, biar lebih aman dan tidak ada permasalahan di kemudian hari,” kata Sri Rahayu (52) salah satu warga dusun Peneng desa Tanah Landean dalam keterangannya kepada Awak Media.

Lebih jauh Sri Rahayu yang kesehariannya bekerja sebagai petani mengatakan sangat bersyukur dengan program PTSL di Kabupaten Gresik,dan khususnya di desa Tanah Landean kecamatan Balongpanggang karena rumahnya sebentar lagi memiliki sertifikat dan sudah resmi sehingga jadi merasa lebih tenang, aman, nyaman, dan tidak khawatir”, ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori menuturkan,” Dengan adanya program PTSL tersebut masyarakat sangat terbantu dan sangat antusias untuk mengikuti program PTSL, diharapkan tidak ada kendala saat pelaksanaan program PTSL sehingga apa yang menjadi program pemerintah bisa terlaksana dan berjalan dengan sangat baik. Oleh sebab itu Kepala Desa (Kades) dan Perangkat wajib untuk mensukseskan program PTSL ini”. Pungkasnya.(tof)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *