Satgas Pangan Tanbu Pantau Sembako Sebelum Lebaran

CB, Tanah Bumbu – Untuk  menyambut  Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Satgas Pangan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,  melakukan sidak dilapangan guna mengecek serta monitoring terhadap persediaan dan harga bahan pokok disejumlah toko swalayan dan toko retail di wilayah Kabupaten Kabupaten Tanah Bumbu, 29/4/22.
Kegiatan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, H. Ambo Sakka itu juga melibatkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2), Dinas Kesehatan, BPOM, TNI-Polri, dan instansi terkait lainnya.
Dari  hasil sidak terhadap beberapa toko yang kami pantau Alhamdulillah barang-barang yang dipajang masih bagus, expired-nya juga masih lama dan masih sangat layak untuk dikonsumsi untuk masyarakat, ucap Sekdakab Tanbu.
Terkait ketersediaan bahan-bahan pokok khususnya minyak goreng, dinilai masih mencukupi meskipun terjadi sedikit kenaikan harga yang masih tergolong wajar.
Pada momen itu , Kepala DKUMP2, H. Deny Harianto, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan tersebut , Pemerintah Daerah ingin memastikan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokoknya secara mudah dan aman.
Dikatakan Deny, bahwa  sejumlah kriteria bahan pangan yang akan ditindak dengan cara disita oleh Satgas Pangan seperti makanan atau minuman yang telah melewati tanggal kadaluarsa (expired) serta barang dengan kemasan yang rusak atau sudah tidak layak.
Lanjutnya,  tidak ditemukannya bahan-bahan pokok yang berbahaya dan kedaluarsa, maka dapat dilihat kepatuhan yang baik dari para penjual. Mengingat imbauan ini juga telah disampaikan oleh Pemerintah Daerah saat jauh-jauh hari sebelum menjelang Ramadan kepada pimpinan perusahaan atau pemiliki toko retail terkait.
“Seperti yang diungkapkan oleh Pak Sekda bahwa  kita ingin menjamin keamanan, kenyamanan masyarakat untuk memastikan mereka mendapatkan barang barang pokok yang tidak berbahaya,” ungkap Deny.
Walaupun pun  tidak ditemukan bahan pangan yang tidak layak, Kepala BPOM Tanbu Rahmat Hidayat turut memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap selektif, berhati-hati dan cermat dalam memilih produk pangan yang aman sehingga produk yang digunakan dapat terjamin kualitas dan keamanannya.
“Dengan melalui Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa sebelum membeli ataupun mengkonsumsi produk obat dan makanan, semoga dengan ini kita dapat terus sehat terhindar dari produk-produk yang dapat membahayakan,” ungkap Rahmat.
Jhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *