Festival Jeruk Pamelo Menjadi Salah Satu Upaya Pemkab Magetan Dalam Promosikan Produk.

CB, Magetan – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan guna mempromosikan salah satu jeruk pamelo yang kini telah menjadi salah satu produk unggulan terus dilakukan, salah satunya dengan mengadakan Festival, Bursa dan Kontes Jeruk Pamelo yang digelar di Wisata Kebun Refugia, Plaosan, Magetan pada Sabtu,(07/05/2022).

Pada festival kali ini, dibuka secara langsung oleh Bupati Magetan Dr Drs Suprawoto SH, MSi didampingi oleh Kepala Dinas TPHPKP Ir Uswatul Chasanah MMA, Serta Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono.

Menurut keterangan dari Kepala Dinas TPHPKP , Ir. Uswatul Chasannah, MMA bahwa dalam kegiatan ini ialah salah satu rangkaian dari acara Calender of Event (CoE) yang diinisiasi Bupati Magetan yang mana akan menjadi acara tahunan guna menarik wisatawan dari Daerah luar Magetan.

Uswatun juga mengatakan dengan adanya festival seperti ini diharapkan dapat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat dengan menigkatkan penjualan produk unggulan Jeruk Pamelo di Kabupaten Magetan.

“Festival ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penjualan produk unggulan jeruk pamelo di Kabupaten Magetan, “pungkas Uswatun Chasannah Kepala Dinas TPHKP.

Ditempat yang sama, Bupati Magetan Drs H Suprawoto SH MSi menjelaskan bahwa Jeruk Pamelo merupakan potensi yang luar biasa,berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana pada festival kali di laksanakan di area kebun rufegia yang tempatnya luas berharap Jeruk Pamelo ini akan menjadi salah satu identitas Magetan di masyarakat luas.

Bupati menerangkan bahwa pada hari Sabtu dan Minggu taman rufegia selalu ramai dengan pengunjung , apalagi saat ini masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1443.H sehingga lebih leluasa dengan tempat yang cukup luas dan terlebih leluasa mengadakan Festival bursa dan Kontes jeruk pamelo di Magetan.

Bupati pun mengajak semua masyarakat Magetan agar mau memperkenalkan jeruk pamelo ke masyarakat luas, baik melalui penjualan offline maupun online, atau menjadi buah tangan untuk sanak saudara kita di luar Magetan.

“Mari kita kenalkan buah Pamelo ke masyarakat luas, baik melalui penjualan online, offline ataupun sebagai buah tangan untuk sanak saudara kita di luar Magetan,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga menambahkan agar Dinas TPHPKP Magetan agar senantiasa dapat memberikan solusi kepada para petani jeruk terutama dalam mengentaskan hama jeruk agar petani jeruk pamelo di Kabupaten Magetan tidak mengalami gagal panen lagi.

“Memang tidak gampang menjadi petani jeruk ,sering gagal panen disebabkan oleh lalat jeruk, danĀ  ini harus menjadi catatan Dinas TPHPKP Magetan untuk memberikan solusi kepada para petani jeruk untuk mengentaskan hama jeruk agar petani tidak gagal panen lagi, “tutup Bupati.

Sebagai informasi bahwa kegiatan ini digelar setiap Tahunnya oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Magetan ini sempat tertunda selama 2 Tahun dikarenakan masa pandemi.
(Caknan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *