Bangunan Drainase Desa Sukoanyar Tidak Mengindahkan Papan Proyek Dan Diduga Pakai Dana Siluman.

CB, Gresik – Dalam mewujudkan pemerintah yang transparan masih saja terkendala, dan paling sering terjadi adalah pembangunan tanpa dipasang papan informasi proyek atau biasa di kenal dengan istilah proyek siluman.
Salah satu contoh Pembangunan Drainase (gorong-gorong) Desa Sukoanyar Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik dalam pengerjaannya tanpa ada papan informasi proyek.
Saat kami awak media menghubungi melalui tlp what’s app kepala desa Sukoanyar senin sore 09/05/2022 mengatakan,bahwa papan nama proyek masih dipesankan dan ada apa kok tanya -tanya dan mengatakan wes unggahno berita’e(naikkan beritanya) cetus kepala desa sebut Rupi’an disini kesannya kepala desa menantang dan terlihat kebal hukum ,disamping tidak adanya papan proyek di situ kami juga melihat proses pengerjaannya di lapangan terkesan asal asalan.Saat awak media mencoba konfirmasi pada para pekerja mereka menjawab “ya wes ngene Iki pak,cetus salah satu pekerja.
Bangunan pekerjaan drainase yang ada di dusun Pulo Rejo RT 01 RW 01 desa Sukoanyar kecamatan cerme Gresik ini adalah anggaran dari pemerintah.
Kami awak media mencoba menghubungi ketua TPK sebut hadi melalui tlp what’s app senin 09/05/2022,tidak menjawab bahkan kami mencoba menghubungi beberapa kali mengulang tetap tidak menjawab./respon.Salah satu tim kami yang juga anggota LSM akan menindak lanjuti terkait bangunan Drainase tersebut dan segera membuat laporan ke inspektorat Gresik.
Transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan oleh semua pihak,apalagi proyek anggaran yang bersumber dari pemerintah. Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik(KIP).
Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.
Seperti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014). (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *