Wali Kota Eri jadi Presenter Berita di Peringatan HUT ke-76 RRI

CB, Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Radio Republik Indonesia (RRI) yang jatuh pada 11 September 2021, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti berkunjung ke kantor RRI Surabaya, Rabu (8/9/2021).

Tidak hanya sekadar berkunjung, ternyata, Wali Kota Eri dan Wakil Ketua DPRD Reni Astuti diminta menjadi presenter untuk membacakan berita secara langsung pada program buletin Info Prima. Siaran itu mengudara di seluruh jejaring RRI Jawa Timur (Jatim) dan dapat disaksikan melalui kanal Youtube RRI Surabaya.

Sebelum mengudara, Wali Kota Eri mendapatkan pelatihan langsung dari presenter berita senior RRI, Rini Artuti. Ia terlihat antusias saat mempelajari naskah yang diberikan. Selain itu, Wali Kota Eri juga belajar menyesuaikan intonasi agar terdengar layaknya seorang presenter berita.

Wali Kota Eri mengatakan, kunjungannya ke kantor RRI Surabaya ialah untuk hadir dalam rangkaian peringatan HUT ke-76 RRI yang jatuh pada 11 September 2021. Pada kesempatan itu, ia diminta menjadi presenter berita pada program buletin Info Prima yang disiarkan langsung mulai pukul 16.00 – 16.30 WIB.

“Tadi kita belajar jadi presenter berita. Ini pertama kalinya buat saya. Agak ndredeg (deg-degan) tadi, karena kan didengarkan orang banyak. Takut kecekluk (salah) baca beritanya,” kata Wali Kota Eri.

Ia pun bersyukur, sebab, sudah diberikan kesempatan untuk menjadi seorang presenter berita. Sehingga, ia bisa merasakan bagaimana seorang presenter berita menyampaikan informasi kepada masyarakat yang mendengarkan.

“Kita bisa tahu betul bahwa media ini adalah tempat untuk memberikan informasi sehingga warga bisa mengambil informasi itu untuk melakukan sebuah kegiatan yang baik membangun kotanya termasuk Kota Surabaya,” ujarnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu mengaku sering mendengarkan siaran RRI saat sedang dalam perjalanan di mobil. Menurutnya, RRI merupakan salah satu radio yang menjadi rujukan untuk mendapatkan informasi yang tepat dan aktual.

“Harus menjadi catatan, media itu sebagai bahan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada warganya, kalau memberikan informasi yang tepat maka itu menjadi amal jariahnya media tersebut,” akunya.

Tidak lupa, Wali Kota Eri juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 RRI. Ia berharap, di usia yang ke-76, RRI selalu jaya dan selalu ada untuk masyarakat Indonesia, khususnya Kota Surabaya. “Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 untuk RRI,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala RRI Surabaya Muhammad Fauzan mengatakan, Wali Kota Eri menyelesaikan tugasnya sebagai presenter berita dengan baik. Tidak ada keselahan yang dilakukannya ketika membacakan berita. Padahal, Wali Kota Eri tidak memiliki waktu yang lama untuk belajar menjadi presenter berita sebelumnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya yang hadir dalam rankaian peringatan HUT ke-76 RRI. Saya sangat mengapresiasi beliau, karena tadi beliau cukup cakep saat membacakan berita,” pungkasnya. (bud)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *