Upaya Pemantapan Keimanan, Dispendikpora Tulungagung Pinta Semua Lembaga Gelar Pondok Ramadhan

CB, TULUNGAGUNG – Ada banyak program kegiatan pada bulan Ramadhan di sekolah yang bisa dilakukan. Misalnya, kegiatan Ramadhan kreatif dijamin tidak bakalan membuat anak-anak merasa bosan saat mengikuti kegiatan pondok Ramadhan di sekolahnya.

Mengingat ditengah masa Pandemi Covid-19, semangat dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan tetap harus dilaksanakan. Namun demikian, yang perlu diingat adalah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak. Seperti halnya, perintah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung di tiga lembaga tersebut.

“Betul, Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga memerintahkan semua lembaga, yakni lembaga TK, SD dan SMP untuk melaksanakan pondok Ramadhan, di sekolah masing-masing” kata Sekretaris Dispendikpora Tulungagung Syaifudin Juhri SH, MM kepada Cahaya Baru, Selasa (12/04).

Jadi, lanjut Syaifudin Juhri disela-sela inspeksi mendadak (sidak) Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM di SDN Beji 2, SMKN 3 Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung ini, pondok Ramadhan untuk tahun ini adalah upaya pemantapan keimanan bagi anak-anak.

“Pondok Ramadhan kali ini, isiannya adalah pemantapan keimanan anak-anak, dan yang diselenggarakan mulai tanggal 6 hingga 14 April nanti,” jelas Syaifudin Juhri dengan mimik serius.

Masih kata Syaifudin Juhri, untuk setiap lembaga melaksanakan selama 3 hari. “Jadi, setiap lembaganya melaksanakan selama tiga hari. Alhamdulillah, termasuk yang kita lihat tadi (Selasa 12 April 2022, red) di SD Beji 2 ini melaksanakan di tiga hari terakhir (12 April hingga 14 April 2022, red) untuk melaksanakan kegiatan itu,” jelasnya.

Isiannya, tambah Syaifudin Juhri, mereka para lembaga mengikuti Pondok Ramadhan untuk tipe tiga. “Kebanyakan teman-teman mengikuti Pondok Ramadhan yang tipe tiga, dimana tipe tiga itu tidak menginap,” kata Syaifudin Juhri.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung Rahadi P Bintara SE, MSi ketika melakukan sidak ujicoba PTM di sekolah Selasa (12/04) mengatakan, terkait ujicoba PTM 100 persen telah dikordinasikan dengan lintas sektor, yakni Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan kabupaten.

“Ujicoba ini dilakukan diseluruh kecamatan untuk yang non kota, di setiap kecamatan ada 3 lembaga. Sementara kusus wilayah kecamatan kota lebih dari tiga, diantarnya, SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 5,” kata pria yang pernah menjabat Camat Ngunut ini kepada wartawan.(Hsu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *