Guna Membantu Masyarakat Pedalaman Pemkab Tanbu Gelar “Sitoni Keliling”

CB, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Ketahanan menggelar Program Mobil  Toko Tani Indonesia Keliling atau (Si Toni Keliling) dengan sasran utama adalah desa-desa yang letaknya jauh dari kota guna memenuhi kebutuhan pangan yang murah dan berkualitas wilayah setempat.

Terkait hal itu, Bupati Tanah Bumbu H. Zaerullah Azhar di Batulicin Ahad mengatakan, hal ini dilaksanakan sebagai wujud dan implementasi program “Manajemen Ilahiyah” dalam melayani masyarakat yang berdomisili jauh dari perkotaan.

“Tanah Bumbu memiliki wilayah yang luas, penduduknya ada juga yang tinggal di daerah perbatasan kabupaten,” katanya.

Dikatakan bupati, agar masyarakat yang tinggal jauh dari perkotaan mudah mendapatkan bahan pangan yang berkualitas , pemerintah perlu melakukan penditribusian secara merata melalui “Si Toni Keliling”.

Lanjut bupati, sebagai contoh masyarakat Desa Sumber Arum untuk memenuhi kebutuhan pangan harus menempuh jarak yang jauh menuju Pasar Sungai Danau Raya yang jaraknya kurang lebih mencapai 50 km dengan melintasi wilayah perkebunan sawit.

Dengan kondisi seperti itu sebagian masyarakat lebih memilih alternatif berbelanja ke pedagang dan toko di Desa Tetangga yakni Desa Sumber Makmur yang berjarak 20 km lebih namun harga eceran pangan di desa itu cukup tinggi.

Dengan adanya program si Toni Keliling ini setidaknya masyarakat tersebut dapat teringankan bebannya. Adapun bahan pangan pokok yang dijual Si Toni diantaranya beras lokal dalam kemasan tiga kilogram dengan harga Rp28.000/kemasan

Gula pasir Rp12.000,/kg dan daging beku Rp86.000/kg dengan menjalin kerjasama dengan Bulog.

Kemudian minyak goreng kemasan 900 ml Rp13.000/kemasan, mie instan Rp2500/bungkus, teh Rp4.500/bungkus, sarden ABC Rp8.000, garam dapur Rp1.500,susu kaleng Rp8.500, telur ayam ras Rp42.000/rak, tepung Rp9.500/kg, bawang merah Rp14.000/kg, kopi bubuk Rp5.000/bungkus.

“Kami berharap melalui program ini, masyarakat dapat terbantu dan program ini juga mendukung pemerintah pusat dalam mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 dan pemberlakuan PPKM skala mikro.,” ungkap Bupati.
Jhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *