Partai NasDem Tulungagung Merasa Heran Dengan Aturan Panlih Pilwabup

CB, TULUNGAGUNG – Rapat Paripurna Pemilihan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tulungagung, Sabtu (18/09), menyisakan terkesan aneh bagi Partai NasDem dan partai koalisi lainnya. Pasalnya, Rapat Paripurna Pemilihan Calon Wakil Bupati di Kota Marmer ini membuat sejarah baru, yakni hak pilih suara bisa disampaikan langsung oleh ketua fraksi, dengan kesepakatan angota dari masing masing fraksi.

Misalnya, Ketua fraksi Gerindra menyatakan langsung secara terbuka untuk memilih Cawabub Nomor urut 1 Gatut Sunu Wibowo dan begitu juga dengan Fraksi Golkar, Demokrat, PKS, Gerindra sertai PDIP.

Namun Berbeda lagi dengan Imam Kambali, Ketua Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura, yakni pria yang biasa akrab di pangil Makde Kambali ini memberikan kesempatan untuk anggota fraksinya, untuk menetukan pilihannya sendiri dengan menyoblos sesuai hati nurani masing-masing. Bahkan, dengan lantang, Imam Kambali ini bila benar-benar merasa sakit tangannya alias tidak bisa digerakkan, iapun siap mewakinya.

“Saya sebagai Ketua dari fraksi Hati Nurani Rakyat memberikan kesempatan sepenuhnya kepada anggota fraksi saya untuk memilih Calon Wakil Bupati sesuai pilihan mereka masing-masing,” tutur Kambali.

Sementara itu, ketika jalannya Rapat Paripurna Pemilihan Calon Bupati berlangsung Ketua DPD Nasdem Tulungagung, Achmad jadi, bersama Panhis Yodi Wirawan Calon Wakil Bupati Nomor urut dua meninggalkan gedung paripurna. Hal ini dilakukan, karena ia sangat kecewa ketidakberesan dalam pemilihan Wakil Bupati Tulungagung itu.

“Kami spontanitas meninggalkan ruangan paripurna. Sebab menurut saya ada keanehan dengan mekanisme atau aturan yang di buat oleh panlih. Saya ini, sudah sering mengikuti pemilihan pilkada, baik yang memilih masyakat ataupun yang memilih angota dewan. Tapi mekanisme pemilihan nya tidak seperti ini” Tutur pria yang juga mantan Ketua Partai Golongan Karya (Golkar) Tulungagung ini kepada cahayabaru.id.(Khairul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *