Kepala sekolah Dasar Negeri 16 Oku, Gunakan Hak Jawab Dan Koreksi, Atas Isu Pra duga Penyalah Gunakan Dana BOS

CB, Baturaja Oku – Didalam Kode Etik Jurnalistik, wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang, sedangkan prasangka adalah anggapan yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui secara jelas, dan wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara proposional,

Maka dari itu Kepala Sekolah Dasar Negeri 16 kabupaten Ogan Komering Ulu Ibu Erliza S. Pd, menggunakan hak jawab dan koreksi atas isu praduga penyalah gunaaan dana BOS tahun 2019 – 2020.

Ketika disambangi oleh Lima media, Media Sigap 88 News, Media Potret Peristiwa, Media Target News, Media Patriot dan media Cahaya Baru, pada hari Selasa (30/11/21), di ruangannya, Kepala sekolah dasar negeri 16 Oku Ibu Erliza S. Pd, menjelaskan bahwa tidak adanya penyalah gunaan dana BOS, seperti isu yang telah berkembang selama ini, beliau memaparkan bahwa dana BOS itu tidak bisa dikirim ke rekening pribadi, harus ke rekening sekolah yang bersangkutan, jelasnya

Sambungnya lagi bahwa penggunaan dana Bos tersebut sudah sesuai Juklak dan Juknis, seperti pada tahun 2019 – 2020 bahwa kami telah membangun kantin, WC dan pembuatan papling blok untuk halaman upacara.

Lalu  dari pihak media bertanya dari isu yang beredar, bahwa pihak sekolah pernah meminta rekening salah satu pengelola rumah makan di Oku untuk menstransfer sejumlah uang, itupun dibenarkan oleh kepala sekolah, bahwa memang benar, dikarenakan kita sudah ada sistem nol rupiah, jadi seluruh pembayaran harus melalu rekening, jadi saya minta rekening salah satu pengelola rumah makan tersebut untuk pembayaran konsumsi kami beberapa kali acara. Bukti transfer itulah yang kami jadikan dokumen sebagai bukti pertanggung jawaban kami dalam pemakaian dana.

Sambungnya lagi, bahwa setiap penggunaan dana itu pertahunnya selalu di audit oleh instansi terkait, terutama Inspektorat, bila ada kesalahan dalam laporan pertanggung jawaban, maka sudah pasti kami tidak akan bisa dapat mencairkan dana selanjutnya, maka dari itu bila dana kami masih terus turun, berarti kami telah lolos dalam pengauditan oleh instansi terkait. Tutupnya (Yuliantomi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *