Hari Pers Nasional dan Balai Wartawan Tulungagung?

Sebenarnya seberapa penting para wartawan mempunyai tempat khusus, balai wartawan ?? Dan, jikalau disebut penting tentu sangat penting, karena wartawan bisa menggunakan balai tersebut untuk bisa lebih dekat, bersinergi berkoordinasi dan membangun tali silaturahmi serta untuk tempat istirahat.

Ketika fungsi sinergitas dengan pemerintah daerah dijalankan, akan sangat bagus untuk mempercepat proses dalam penyampaian program-program pemerintah untuk bisa langsung tersampaikan pada masyarakat.

Namun demikian, akan menjadi tidak penting apabila balai wartawan tersebut tidak difungsikan sebagaimana mestinya dan hanya menjadi sebuah simbol keberadaan insan-insan pers, khususnya insan pers yang berbeda diwilayah liputan Tulungagung.

Kalau boleh jujur, monggo kita semua bersama berhitung seberapa banyak rekan-rekan kita yang mempunyai kredibilitas dalam dunia jurnalistik dan seberapa banyak mereka produktif mereport kejadian untk masyarakat serta seberapa dalam mereka menguasai peraturan intern dalam kode etik jurnalistik kedalaman materi dalam meruntut sebuah kasus dan pengenalan mekanisme birokrasi?

Karena akan sangat disayangkan potensi wartawan yg seharusnya bisa berbuat banyak melaporkan ketimpangan untuk masyarakat hanya dipergunakan untuk kepentingan para birokrat dalam menutupi kebijakannya yang malah merugikan masyarakat. Apalagi ketika mindset diantara mereka (wartawan, red) hanya untuk perhitungan advertorial saja.
Jadi saya akan mendukung rekan-rekan wartawan, khususnya wartawan yang berada di Tulungagung untuk mempunyai Balai Wartawan sendiri supaya mereka bisa lebih maju dan mempunyai prasarana penunjang dalam menuju profesionalisme yang masyarakat dambakan. Semoga bisa terwujud apa yang anda perjuangkan, dan besar harapan saya dalam menjalankan tugas jurnalistik bisa secara konsekuen dan dedikatif dalam menjalankan fungsi pers sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999!

‘Selamat Hari Pers Nasional 09 Februari 2022’

Penulis: Susetyo Nugroho (Yoyok), Ketua Harian PKTP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *