Pemkot Mojokerto Serahkan Bantuan Gerobak ke Koperasi Inkubasi Wirausaha

CB, Kota Mojokerto – Sejumlah koperasi bagi kelompok inkubasi wirausaha di tahun 2021 yang telah lolos kurasi telah terbentuk. Hal tersebut sebagaimana dijanjikan oleh Pemkot Mojokerto, bahwa dalam serangkaian program inkubasi wirausaha, peserta tidak hanya mendapat pelatihan, melainkan juga pendampingan, bantuan permodalan, serta pembentukan koperasi (4P).

Bertempat di halaman kantor Diskopukmperindag, sejumlah koperasi yang telah terbentuk menerima bantuan sarana prasarana berupa gerobak. “Alhamdulillah, di awal tahun 2022 ini bisa diwujudkan berupa gerobak dan sarana prasarana untuk mereka jual produk hasil produksinya masing-masing per koperasi,” ungkap Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Kamis (9/2/2022).

Total 11 gerobak yang diserahkan langsung oleh Ning Ita kepada empat koperasi yang telah terbentuk. Antara lain yaitu koperasi produsen pedagang kopi “Multi Raya” (3 gerobak), koperasi konsumen kube frozen “Gemilang Mojopahit” sebanyak (4 gerobak), koperasi produsen IPM3 (2 gerobak), serta koperasi konsumen wisata Jatim (2 gerobak).

Selain gerobak, ke depan masih ada bantuan lain yang akan diberikan yang kini masih dalam proses pemesanan. Penyerahan bantuan sarpras tersebut kepada koperasi diharapkan dapat digunakan bersama, sehingga dapat mengembangkan usaha dan kekompakkan kelompok.
“Maka adanya tambahan sarpras melalui koperasi bisa menjadi penguat dan mengompakkan seluruh anggota agar bisa tetap survive dalam rangka mempertahankan eksistensi bisinis mereka,” jelas sosok yang akrab disapa Ning Ita.
Sarana untuk menjaga kekompakkan dan saling menguatkan kelompok usaha semacam itu memang sangat diperlukan. Mengingat, berbagai goncangan yang ke depan pasti akan dihadapai oleh para pengusaha. Sehingga penting bagi kelompok wirausaha baru agar tidak mudah menyerah atas dinamika dunia usaha yang ada.

Yulianing (46), salah satu peserta inkubasi wirausaha kripik tempe sagu mengaku menyambut baik pembentukan koperasi dan pemberian bantuan tersebut. “Ya, saya sangat senang mbak. Apalagi ada bantuan seperti ini. Ini menambah semangat kita untuk berwirausaha, yang tentu nanti juga akan menambah pemasukan untuk keluarga,” ungkapnya.

Selain sarpras, Pemkot Mojokerto melalui Diskopukmperindag juga telah menyiapkan sejumlah lokasi berdagang bagi para kelompok inkubasi wirausaha tersebut. Diantaranya terdapat di halaman gedung pameran Surodinawan, gerai Dekranasda, serta pasar tumpah di rest area Gunung Gedangan. (Ertin Primawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *